22 SD Lakukan Supervisi Mutu

22 SD Lakukan Supervisi Mutu

SERANG  | TRM

Sebanyak  22 Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Kopo melakukan kegiatan supervisi mutu,  meliputi supervisi pembelajaran dan supervisi manajerial. Kegiatan yang di motori oleh Koordinator pengawas Sekolah Dasar (SD) pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  (Dindikbud)  kecamatan Kopo bersama pengawas lainnya. sejak hari Senin sampai Jum’at.  ada sekitar 6 sampai 7 sekolah dasar yang di monitoring dan kini sudah memasuki minggu ke tiga.

“Kegiatan e supervisi sesuai dengan binaan LPMP Banten untuk membantu para guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran daring di masa pandemi covid-19.  Supervisi berlangsung dua tahap dengan sasaran dua orang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berprofesi sebagai guru,” kata Hj. Ubed Jubaedah Korwas Kecamatan Kopo kepada Tangerang raya melalui pesan elektronik pada Selasa (20/10).

Menurutnya, supervisi mutu tahap pertama dilakukan sebelum diadakan terlebih dahulu sekolah melakukan sosialisasi kepada guru untuk dapat memahami instrumen yang akan digunakan dalam supervisi. Pelaksanaan supervisi tahap pertama mencakup 4 faktor yakni administrasi kelas, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai edaran dimasa pandemi covid-19, kegiatan belajar mengajar secara daring dimana dimasa darurat corona ini sesuai dengan SKB 4 menteri dan supervisi penilaian.

“Setelah supervisi tahap pertama selesai dilakukan kemudian diadakan tindak lanjut oleh kepala sekolah tentang temuan atau kendala apa saja dalam supervisi tahap pertama setelah itu pengkondisian supervisi tahap kedua,” tutur Hj. Ubed.

Untuk supervisi tahap kedua,  sambung Ubed, dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang ada dan diharapkan hasilnya lebih baik daripada supervisi tahap pertama. Setelah supervisi tahap kedua selesai dan dilaporkan ke LPMP Banten, kepala sekolah dan pengawas melakukan tindak lanjut melalui pembinaan untuk membantu para guru mengatasi kesulitan-kesulitannya dalam kegiatan belajar mengajar di konsidi pandemi covid -19 sekarang ini.

“Kemarin, tim pengawas melakukan supervisi ke SDN Nyompok I dan SDN Nyompok 2 dihadiri Sekdis H. Aber Nurhadi. Sedangkan hari ini kita ke SDN Carenang Udik kecamatan Kopo dan SDN Bojong Neros. Kalau Besok, Rabu (21/10) rencananya akan ke SDN Gabus 1, SDN Gabus 2 dan SDN gabus 3. Setiap hari 2 sampai 3 SD dan kalau besok 3 SD yang kita kunjungi,” ungkapnya.

Ia menjelaskan,  materi yang di tekankan seputar penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pelaksanaan pembelajaran secara daring di masa pandemi covid-19 dan penilaian. Sedangkan yang bertugas melakukan supervisi yakni Hj. Iis Iriana, Hj. Ubed Jubaedah dan Hj, Cicih Sukarsih natawirya,” terangnya.

Sementara itu, Kepala UPT SDN Carenang Udik, Diding Sunardi dan kepala UPT SDN Yompok 1, Titin Haryatati menyampaikan terima kasih kepada Korwas bersama tim lainnya yang telah berkunjung ke sekolahnya untuk melaksanakan tugas supervisi mutu.

“Esensi dari supervisi mutu ini membantu guru dalam mengembangkan kemampuan profesionalnya dalam pelaksanaan tugas,” pungkasnya. (mur/dam)