TANGERANG LIVE ROOM, INOVASI UNGGULAN KOTA TANGERANG

TANGERANG LIVE ROOM, INOVASI UNGGULAN KOTA TANGERANG

PEMERINTAH KOTA TANGERANG
Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Kementerian Dalam Negeri setiap tahun menyelenggarakan penilaian kepada Pemerintah Daerah lnovatif dengan sebutan Innovative Government Award (IGA) 2020. Penilaian tersebut dilakukan dengan mekanisme Pengukuran lndeks lnovasi Daerah. Pada tahun 2020 ini terhimpun sebanyak 14.897 inovasi yang disampaikan oleh 485 Pemerintah Daerah di Indonesia, baik Provinsi, Kabupaten maupun Kota.

Dari penilaian inovasi tersebut, Kementrian Dalam Negeri kemudian menetapkan 12 Pemerintah Kota sebagai Pemerintah Kota Terinovative di Indonesia untuk tahun 2020 sebagai finalis Innovative Government Award, salah satunya adalah Pemkot Tangerang.

Dengan keberhasilan ini, pada tanggal 5 November 2020, Walikota Tangerang telah melakukan presentasi dihadapan tim panelis yang terdiri dari Pakar Inovasi Indonesia dari berbagai Kementrian dan Perguruan Tinggi dan para profesional, yaitu Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan lnovasi Nasional, Bappenas, Lembaga Administrasi Negara, Lembaga llmu Pengetahuan Indonesia, Universitas Indonesia, Kamar Dagang dan lndustri Indonesia, Media dan UCLG-ASPAC.

Terkait hal itu, Walikota Tangerang, H. Arief R Wismansyah menyampaikan sejumlah program unggulan yang diusung Pemkot Tangerang sebagai upaya pemberian pelayanan paripurna kepada masyarakat Kota Tangerang.

"Dari 176 inovasi yang dilakukan Pemkot Tangerang, ada empat program pelayanan yang menjadi unggulan," ungkap Arief, baru-baru ini.

Pada sesi pemaparan program Innovative Government Award (IGA) 2020 yang berlangsung secara daring tersebut, Arief menjabarkan keempat program unggulan yang diusung Pemkot Tangerang di antaranya Cageur Jasa, Sistem Informasi Manajemen Aparatur Sipil Negara (SIMASN), Aplikasi Tangerang Live dan Tangerang Live Room (TLR).

Kepala Bappeda Sugihharto Achmad Bagdja, menjelaskan Tangerang LIVE Room merupakan bentuk Inovasi Daerah lainnya sesuai dengan Urusan Pemerintahan yang menjadi inovasi unggulan Pemerintah Kota Tangerang.
Tangerang Live Room merupakan aplikasi pendukung urusan pemerintahan lainnya, yang menjadi unggulan di Kota Tangerang.

Tangerang Live Room merupakan ruang kendali kota dalam pengelolaan pengaduan terpadu secara online terintegrasi dengan aplikasi layanan kotak saran anda (LAKSA), aplikasi sistem informasi petugas lapangan (SIGAP) dan layanan kedaruratan 112.

Strategi yang digunakan adalah dengan menempatkan operator OPD dalam menindaklanjuti pengaduan online terintegrasi dengan petugas lapangan.

Tangerang Live Room telah berhasil menangani 36.889 yang masuk sejak tahun 2016.
Tangerang Live Room menjadi ruang kolaborasi dan edukasi Smart City Kota Tangerang dengan jumlah kunjungn 72 kunjungan di tahun 2019.

Tangerang Live Room diapresiasi secara nasional dan internasional dalam event smart city dan tata kelola call center. Tangerang Live Room berhasil menjadi ruang pelayanan informasi publik terinovatif pada ajang PR Indonesia Award 2019.  (adv)