Bagikan UEP di Pandeglang, Wagub Periksa Beras Sampai Coba Mixer Kue

Bagikan UEP di Pandeglang, Wagub Periksa Beras Sampai Coba Mixer Kue

PANDEGLANG | TR.CO.ID

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy membagikan bantuan UEP atau usaha ekonomi produktif kepada 43 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kecamatan Majasari, Kabupaten Pandeglang, Kamis (2/12). Dalam pembagian yang dilakukan di Kantor Kecamatan Majasari tersebut Andika memastikan kualitas bantuan, mulai dari memeriksa beras hingga mencoba menyalakan mixer adonan kue. 

"Saya sengaja datang langsung ke sini antara lain untuk memastikan kualitas bantuan. Saya tidak ingin masyarakat kecewa," kata Andika di hadapan 43 warga penerima di kecamatan tersebut. 

Menurut Andika, barang bantuan pemerintah kepada masyarakat harus dalam kualitas yang baik sehingga layak pakai atau bukan asal memberikan bantuan. "Kita sering dengar ada beras bantuan berkutu, warnanya kuning sampai berbatu. Itu tidak boleh terjadi," ujarnya. 

Selain itu, lanjut Andika, dirinya juga ingin memastikan bantuan yang diberikan bermanfaat dalam menjadikan usaha KPM berkembang sehingga dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. "Nah, ini Pak Wagub mau tanya nih, kira-kira bermanfaat gak bantuan ini bagi ibu-ibu ini?" tanya Andika yang sejurus kemudian dijawab serempak teriakan "bermanfaat," dari ibu-ibu KPM yang hadir. 

Seorang ibu KPM saat berdialog di depan bersama Andika, bahkan sampai menangis karena tak kuasa menahan haru. "Saya doakan semoga pak Wagub dan Pak Gubernur (Gubernur Banten Wahidin Halim) selalu diberi kesehatan. Amiin," katanya sambil terisak. 

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten Nurhana mengatakan, secara keseluruhan terdapat 250 KPM di Kabupaten Pandeglang yang menerima bantuan UEP tahun ini. "Masing-masing mendapatkan bahan pokok senilai Rp 2,5 juta, terbagi ke dalam penerima warungan dan penerima tata boga," katanya. 

Terkait kualitas bantuan sebagaimana diminta Andika, menurut Nurhana, bahkan pihaknya sampai menghadirkan bantuan berupa bahan pokok tersebut di lokasi pembagian seluruhnya. Bahan pokok tersebut di antaranya terdiri dari beras, tepung, gula pasir, minyak goreng, hingga telur dan bahan-bahan kue. 

Untuk diketahui, tahun ini Dinas Sosial memberikan 1.900 paket UEP se-Banten. Pembagian UEP ini dilaunching di Kecamatan Puloampel, Kabupaten Serang, pekan lalu. Pembagian di wilayah Kabupaten Serang dilanjutkan Andika hari itu ke Kecamatan    Waringinkurung. Andika selanjutnya juga membagikan UEP di Kecamatan Citangkil untuk wilayah Kota Cilegon. Sementara untuk wilayah Kota Tangerang, Andika sudah membagikannya di Kecamatan Tangerang. (fj)