Begini, Pandangan TCC Soal Pembangunan di Pantura

Begini, Pandangan TCC Soal Pembangunan di Pantura
Deputy Eksekutif Tangerang Utara Community Centre Prayogo Ahmad Zaidi

TELUKNAGA | TR.CO.ID

Isu tentang persoalan pesisir utara Kabupaten Tangerang memang banyak menarik perhatian publik,terlebih isu terkait proses pembangunan yang di kerjakan oleh pihak swasta.

Tidak sedikit para tokoh-tokoh pantura yang mengeluarkan statmen,mulai dari aktivis,akademisi,penggiat lingkungan hidup,dan para tokoh muda dan yang lainya. Statmen yang dilontarkannya pun beragam,ada yang mendukung pembangunan dan ada juga yang mengkritisi proses pembangunan yang saat ini sedang berjalan.

"Saya rasa itu menjadi hal wajar,karena dalam setiap kebijakan atau kegiatan yang banyak melibatkan publik tentunya akan memunculkan pro dan kontra di masyarakat," kata Deputy Eksekutif Tangerang Utara Community Centre Prayogo Ahmad Zaidi dalam keterangan tertulisnya yang diterima Tangerang Raya Media, Rabu (3/3/21).

Namun, lanjut Prayogo, hal yang harus kita sadari bersama adalah,bahwa pembangunan untuk menghias diri dan mempercantik wajah pesisir utara Tangerang pun tidak bisa kita hindari karena project tersebut telah mendapat dukungan dari Pemerintah sebagai cara untuk menarik perhatian dan minat investor properti secara global.

"Ini bagian strategi ekspansi ASEAN dan Indonesia,sebagai ekonomi terbesar di tenggara Asia yang merupakan pasar utama pertumbuhan PSD,karena Indonesia memiliki pertumbuhan ekonomi yang kuat,urbanisasi dan interkonektivitas yang tingggi hingga sejalan dengan tujuan PSD untuk memanfaatkan Tren pertumbuhan di ASEAN.ini merupakan satu peluang dan terobosan yang baik,karena secara teritorial projek tersebut berada di wilayah Kabupaten Tangerang," ungkapnya.

Menurutnya, banyak memicu pertanyaan publik,apakah pembangunan yang dikerjakan oleh pihak swasta di pesisir utara Tangerang itu, akan berdampak negatif bagi ekonomi masayarakat? atau mungkin berdampak positif bagi masyarakat sekitar?.

"Saya rasa hal itu dapat terjawab,dari sisi mana kita melihat pembangunan tersebut. Jika kita hanya melihat dari sisi negatif,maka pembanguan itu selamanya akan menjadi hal yang kurang baik dalam pemahaman dan pikiran kita.Tapi, sebaliknya jika kita melihat dari sisi positif,maka pembangunan itu akan menjadi peluang yang dapat kita manpaatkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat," paparnya.

Tangerang Utara Community Centre, tambah Prayogo, hadir sebagai bagian kecil dari lembaga untuk membantu memfasilitasi kepentingan masyarakat terhadap pemerintah dan pihak pengembang,agar masyarakat merasa terbantu dengan lahirnya TCC ini.

"Saat ini kami dan time sedang menggali informasi,mempelajari serta mengkaji agar kami dapat menganalisa kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi dalam proses pembangunan yang dikerjakan oleh pihak swasta tersebut. Jika terjadi kekurang sempurnaan dalam proses pembangunannya,maka kami akan mencoba mengkomunikasikan semua kepentingan yang kurang sempurna tersebut untuk tercipta sebuah kesepakatan yang baik untuk semua pihak. Dan sebaliknya jika pembangunan tersebut berdampak positif bagi masyarakat,maka kami akan berupaya membuka ruang dan peluang yang dapat kita manfaatkan yang tentunya nanti akan kita sesuaiakan dengan kesiapan SDM,kultur serta kearipan budaya lokal di wilayah kita," pungkasnya.(iyo)