Boyong 5 Penghargaan SPMI Award, Pemkot Tangerang Layak Jalankan Program Sekolah Penggerak

Boyong 5 Penghargaan SPMI Award, Pemkot Tangerang Layak Jalankan Program Sekolah Penggerak

TANGERANG | TR.CO.ID

 Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Pendidikan, dipenghujung Tahun 2020 ini, sedianya berhasil memborong sejumlah penghargaan di ajang SPMI Award yang digelar pihak Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Banten.

Penghargaan tersebut diberikan atas dedikasi dan inovasi Dinas Pendidikan Kota Tangerang dalam menyajikan pelayanan pendidikan yang optimal kepada masyarakat, Kamis (31/12/2020).

Iwan Kurniawan, selaku perwakilan LPMP Provinsi Banten dalam keterangannya menjelaskan, dalam proses penjaminan mutu pihaknya bersinergi dengan pemerintah daerah serta sekolah-sekolah. 

"Ya, kami membantu bagaimana pemerintah daerah dan sekolah bisa mencapai mutu standar nasional pendidikan. Dan jumlah sekolah di wilayah Banten cukup besar, yaitu ada sekitar 7.400 sekolah," kata Iwan, kepada wartawan. 

Menurutnya, pemerintah kota/kab yang ada di Provinsi Banten sudah menunjukan komitmen terbaiknya dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan diwilayahnya masing-masing. 

"Semua pemerintah kab/kota di Provinsi Banten khususnya pemkot tangerang telah menunjukkan komitmennya untuk meningkatkan mutu pendidikan. Dengan saling bekerjasama dan bermitra maka persoalan pendidikan sedikit demi sedikit kita atasi secara bersama-sama," jelasnya.

Pihaknya pun memuji Dinas Pendidikan Kota Tangerang dalam raihannya itu. Sebab selain dari pengembangan sekolah binaan, Dinas Pendidikan Kota Tangerang juga berhasil atas capaian pada proses penjaminan mutu.

Dengan demikian, kata Iwan, sekolah bisa memenuhi 8 standar nasional pendidikan (SNP). Juga sekolah memaparkan gerakan positif yang dilakukan pada penjaminan mutu.

Delapan SNP yang telah dicapai, lanjut Iwan, adalah standar isi, proses, kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan penilaian pendidikan.

"Mereka (sekolah) ekspose praktik-praktik baik yang mereka miliki. Seperti, gerakan literasi, pendidikan karakter hingga pembelajaran di sekolah. Nantinya, mendorong sekolah lain juga ingin berprestasi dalam hal proses penjaminan mutu," jelasnya.

Iwan menambahkan, nantinya di Tahun 2021, Pemkot Tangerang direncanakan bakal menjadi sebagai salah satu yang layak ditunjuk untuk melaksanakan program sekolah penggerak. 

"Tahun depan direncanakan Kota Tangerang akan menjadi salah satu kota yang akan melaksanakan program sekolah penggerak," tegasnya. 

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, H. Jamaludin mengaku bersyukur atas raihan tersebut. Ia pun merinci lima penghargaan yang berhasil di borong itu. 

"Alhamdulillah, kami bersyukur. Pemkot Tangerang dapat 5 dari 6 kategori. Diantaranya adalah kategori Inovasi Pendidikan, Progres penjamin mutu pendidikan, kelompok pengawas terbaik dalam suvervisi mutu, pengalaman baik jenjang SD dan Pengalaman baik jenjang SMP," tukasnya. (ali)