Dindik Apresiasi Novel Karya Siswi SMP Assa’adah

Dindik Apresiasi Novel Karya Siswi SMP Assa’adah

SERANG |TRM

Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang, H. Heriyana mengaku gembira bukan semata mendapatkan sebuah paket terlebih paket gratisan. Namun kegembiraan yang dirasakannya karena isi paket tersebut adalah tiga jilid buku fiksi baru. Buah karya peserta didik salah satu SMP di kabupaten Serang yakni peserta didik dari SMP Plus Assa’adah.

“Kemarin siang, Senin (2/11), saya mendapat paket tiga jilid buku fiksi terbaru dari Pak M. Imam Wahyudi. Dan yang menarik, buku tersebut buah karya dari peserta didik SMP Plus Assa’adah,” kata H. Heriyana kepada Tangerang Raya melalui pesan elektronik, Selasa (3/11).

Heriyana mengatakan, ke tiga buku fiksi terbaru tersebut bukanlah buku pertama karya mereka yang diterimanya. Ada beberapa judul buku yang pernah mereka terbitkan. Rupanya,sekolah ini sudah berhasil menjadikan kegiatan membaca dan menulis di hati peserta didik sebagai kegiatan yang membiasa. memiliki kebiasaan membaca dan kebiasaan menumpahkan kreasinya dalam bentuk karya tulis

"Iklim literat di sekolah ini telah menjadikan SMP Plus Assa’adah menjadi sekolah yang kaya akan prestasi. Bukan hanya di lingkup literasi baca tulis tetapi juga di lima lingkup kegiatan literasi lainnya," tuturnya.

Menurut Heriyana ada korelasi antara kegiatan menulis fiksi (Berimajinasi) dengan keinginan sekolah ini menjadikan peserta didiknya “Khatam” disiplin ilmu kekinian yang berbasis sains, numerasi dan juga digital. Tentu saja ada karena seperti pernah diucapkan fisikawan besar Albert Eistein : “Imajinasi adalah segalanya. Imajinasi adalah penarik masa depan. Imajinasi lebih penting dari pengetahuan” maka sangat benar jika kegiatan menulis fiksi seperti yang sudah aktif di sekolah ini, dimaksudkan untuk merangkum banyak disiplin, selain disiplin budaya fiksi dan sastra itu sendiri.

 “Terus semangat berkarya anak-anaku. Terima kasih dan salam literasi. Salam buat anak-anak penulis buku ini,” pesannya.

Terpisah, Guru SMP Assa’adah Islamic Boarding School, M Imam Wahyudi menyampaikan terima kasih kepada Jajaran Dinas Pendidikan dan kebudayaan kabupaten Serang atas bimbingannya sehingga dapat mengimplementasikan program kegiatan membaca dan menulis menjadi kebiasaan bagi peserta didik di sekolah.

“Kami juga mengucapkan terima kasih banyak kepada Jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan atas bimbingannya,”kata M. Imam Wahyudi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang, H. Asep Nugrahajaya mengaku sangat bangga di tengah pandemi covid-19 saat ini ada produk terpelajar dari anak SMP kabupaten Serang yang sangat potensial untuk menjadi bagian yang kompetitif dikehidupannya.

“Kemarin sore, Senin (2/11) saya baca postingan di media sosial pak Heriyana. Saya ikut senang baca cerita karena menerima buku produk dari aktivitas literasi kreatif anak SMP Plus Assa’adah. Dan pagi ini, Selasa (3/11) saya serasa diguyur madu begitu masuk kantor ternyata di meja saya sudah ada pula buku yang sama dikirim oleh anak Assa’adah didikan pak M. Imam Wahyudi. Untuk saya ini harus jadi menu sarapan kedua,” ujar Asep.

Ia mengucapkan terima kasih kepada M. Imam Wahyudi, untuk siswinya (Santri), Rahma Bunga Rinjani dan Tiara Hermawan (Penulis Novel) atas buku fiksinya.

“Kalian semua hebat. Semoga kehebatannya menular sebagai virus kebaikan,” tutur Asep. (mur/dam)