Dindikbud Seleksi Kepsek dan Pengawas

Dindikbud Seleksi Kepsek dan Pengawas

SERANG | TRM

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kecamatan Jawilan dan Cikande tengah melakukan seleksi calon kepala sekolah dan calon Pengawas Sekolah Dasar (SD). Seleksi dilakukan dalam dua tahap yakni tahap seleksi administratif berupa penilaian terhadap sejumlah dokumen dan tahap seleksi subtantif berupa tes potensi kepemimpinan.  Bakal Calon kepala sekolah dan pengawas yang telah lolos seleksi subtansi di tingkat kecamatan akan direkomendasikan ke tingkat kabupaten Serang melalui bidang guru dan tenaga kependidikan (GTK).

“Pengangakatan kepala sekolah  dan pengawas didasarkan pada kebutuhan. Kebutuhan penyusunan proyeksi pengangkatan kepala sekolah dan pengawas secara nyata tentunya memerlukan pendataan yang cermat dan akurat terkait berbagai variabel penentunya,” ujar Sugiarto, ketua PGRI kecamatan Jawilan.

Menurutnya, untuk menghasilkan calon kepala sekolah dan calon pengawas sekolah yang memiliki kinerja yang baik, berawal dari rekrutmen yang benar dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Pola rekrutmen calon kepala sekolah harus mengikuti rambu-rambu yang telah ditetapkan terkait pengangkatan kepala sekolah.

Saat ditanya daftar nama usulan calon kepala sekolah dan pengawas yang diusulkan dari kecamatann Jawilan, Sugiarto menyebutkan nama calon kepala sekolah yang diusulkan antara lain Sukma, Muhaemin, Erwis, Solihin, Oman, Fitriah dan Ahman Rivai. Sedangkan untuk calon nama pengawas yang diusulkan yakni Kustini dan Dede Sulaeman.

Ia menambahkan, pengangkatan kepala sekolah harus mengacu pada aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, pasal 5 Permendikbud nomor 6 tahun 2018 disebutkan bahwa penyiapan kepala sekolah pada satuan pendidikan oleh Pemerintah daerah melalui tiga tahap yakni pengusulan bakal calon kepala sekolah dan calon pengawas, seleksi calon kepala sekolah dan pengawas, pendidikan dan pelatihan.

"Calon kepala sekolah dan pengawas yang diusulkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Serang dan telah dinyatakan lolos seleksi administratif dan subtansi dari LPMP Banten selanjutnya akan mengikuti diklat. Pelaksanaan diklat calon kepala sekolah dan calon pengawas di kemas dalam tiga tahapan yakni in service learning 1 (IN 1), on the job learning (OJL), dan in service learning 2 (IN 2),” pungkasnya. (mur/dam)