Disdik Gelar Rekonsiliasi Pelaporan Dana BOS Semester 1

Disdik Gelar Rekonsiliasi Pelaporan Dana BOS Semester 1

SERANG | TRM

Dalam rangka meningkatkan tata kelola anggaran dan belanja sekolah, Dinas Pendidikan Kebudayaan Kabupaten Serang melalui Kepala bidang Pembinaan Sekolah dasar melaksanakan kegiatan rekonsiliasi pelaporan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) semester 1 tahun 2020. Penyelenggaranaan kegiatan dimulai Selasa (4/8) sampai Selasa (11/8) di gedung A Dindikbud Kabupaten Serang, Panancangan, Selasa (11/8).

Kepala Bidang Pembinaan SD Disdikbud Kabupaten Serang, Amar Ma’ruf didampingi Kasi Peserta didik dan pengembangan karakter, Budi Handono mengatakan Tata Kelola BOS sekarang sudah menggunakan Aplikasi dan dilaporkan secara online yang disebut Aplikasi Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (ARKAS) Sekolah sudah harus meng input Laporan kondisi Keuangan per 30 Juni 2020 sehingga hasil input Kondisi keuangan dimaksud untuk mempermudah Kerja Tim Manajamen BOS  Disdik sebagai laporan tata kelola Keuangan BOS kepada DPKAD

Ma’ruf mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk mengecek saldo akhir dana BOS tahun sebelumnya yakni tahun 2019. Juga pengumpulan laporan triwulan 1 dan 2 (Semester 1) penggunaan dana BOS sekolah dasar se kabupaten Serang sebagai pelaporan kepada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD)Kabupaten Serang.

“Kegiatan ini  bertujuan untuk mengetahui realisasi penggunaan dana BOS semester 1 tahun 2020,” ungkap Ma’ruf.

Hari ini, Selasa (11/8), lanjut Ma’ruf, terakhir pelaksanaan kegiatan rekonsiliasi pelaporan dana BOS semester 1 tahun 2020. Dengan digelarnya kegiatan rekonsiliasi tersebut diharapkan akan terjadi transparansi dan akuntabilitas penggunaan dana BOS di tingkat satuan pendidikan sekolah dasar. Dasar perhitungan dana BOS dihitung berdasarkan jumlah siswa maka setiap semester wajib dilakukan rekonsiliasi untuk memastikan perubahan jumlah peserta didik.

“Undangan yang kita sampaikan kepada para koordinator pengawas setiap kecamatan untuk menugaskan operator atau bendahara sekolah dasar sebanyak 705 SD, yang menangani Arkas BOS. Kegiatan dibagi dua sesi yakni sesi I dari jam 08.00 Wib sampai 12.00 Wib. Sedangkan sesi ke II dari jam 13.00 wib sampai 17.00 wib,”kata Ma’ruf kepada Tangerang Raya melalui pesan elektronik.

Amar Ma’ruf menambahkan para operator atau bendahara sekolah diharuskan membawa laptop, modem SPJ semester 1 tahun 2020 dan tetap mentaati protokol kesehatan.

Amar Ma’ruf menyebutkan sesuai jadwal pada Selasa ini peserta yang ikut berasal dari kecamatan Cikande, Kopo, Ciruas dan Lebakwangi.

“Jumlah peserta yang hadir hari ini sesi pertama dari kecamatan Cikande sebanyak 32 orang operator dan dari kecamatan Kopo sebanyak 20 orang. Pada sesi kedua, peserta dari kecamatan Ciruas sebanyak 31 orang dan dari kecamatan Lebakwangi sebanyak 20 orang. Alhamdulilah seluruh rangkaian kegiatan berlangsung lancar,” sebutnya. (mur/dam)