Dispora Berupaya Maksimalkan Persiapan Porprov Banten ke-VI

Dispora Berupaya Maksimalkan Persiapan Porprov Banten ke-VI
Kepala Bidang Olahraga Dispora, H.Ujang Hendra

TANGERANG | TR.CO.ID

 

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang berupaya memaksimalkan persiapan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Banten ke-VI yang rencananya dilaksanakan pada tahun 2022.

Kepala Bidang Olahraga Dispora Kota Tangerang H.Ujang Hendra mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan berbagai persiapan untuk menunjang kesuksesan kompetisi olahraga akbar di Banten tersebut.

"Sekarang persiapannya adalah restrukturisasi pemusatan latihan cabang (puslatcab), venue-venue, rapat panitia besar, dan sayembara logo maupun jingle," katanya, kepada media, Senin (11/1/2021).

Meskipun belum diputuskan penyelenggaraan Porprov Banten 2022 jadi digelar karena pandemi COVID-19, tetapi Dispora Kota Tangerang menganggap event itu tetap dilanjutkan.

"Untuk sementara kita anggap jadi, karena pandemi enggak ada yang tahu. Sehingga persiapan tetap kami maksimalkan," ujarnya.

Adapun untuk persiapan venue, Stadion Benteng yang saat ini masih direnovasi rencananya siap menjadi lokasi utama penyelenggaraan Porprov bergengsi ini.

"Nanti venue ada di Stadion Benteng dan sejumlah GOR. Jadi, kita sampaikan ke Dinas Perkim untuk beberapa venue ini disiapkan," ungkapnya.

Sementara untuk maskot dan jingle, Dispora Kota Tangerang sedang menggodok persiapannya untuk kemudian disayembarakan.

Terkait persiapan atlet, Dispora Kota Tangerang meminta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) setempat untuk memberikan pelatihan sesuai dengan protokol kesehatan COVID-19.

"Untuk atlet yang sudah terdaftar di puslatcab diharapkan tetap melakukan pelatihan sesuai dengan arahan pelatih masing-masing cabang olahraga dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan," ucapnya.

Wakil Ketua I KONI Kota Tangerang, Arsani Maidi menambahkan, pihaknya tengah mematangkan persiapan para atlet yang akan mengikuti Porprov Banten 2022.

"Di tahun 2021 ini atlet sudah on the track mengikuti program puslatcab. Contoh dari Desember 2020 hingga awal Januari 2021 kemarin mereka latihan di GOR dengan protokol kesehatan. Tetapi karena sekarang pengetatan PSBB, pelatihan kami dorong secara mandiri dan virtual," katanya.

Di KONI Kota Tangerang sendiri terdapat 44 cabang olahraga yang setiap tahun dipersiapkan.  

"Untuk cabang olahraga unggulan adalah panjat tebing, senam, pencak silat, balap sepeda, taekwondo, dan tinju. Jadi, ada sekitar 15 cabor yang memang berlangganan di juara umum tingkat porprov dan kejurda," imbuhnya. (cng/ris)