El-Mart Apresiasi Langkah Kadin Bandara SHIA

El-Mart Apresiasi Langkah Kadin Bandara SHIA

TANGERANG | TR.CO.ID

Pemilik Mini Market El-Mart Taman Royal, Jl. Pinus Niaga Center No.081, RT.006/RW.015, Poris Plawad, Kec. Cipondoh, Kota Tangerang, Muhammad Yasin mengapresiasi langkah Pengurus Kamar Dagang dan Industri Bandara Soekarno Hatta International Airport (Kadin Bandara SHIA). Ia menilai dengan adanya agenda kunjungan Kadin Bandara SHIA itu merupakan satu bentuk bukti kepercayaan bahwa Kadin peduli dengan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Yang pertama saya ucapkan terima kasih sekali atas kunjungan kadin ke lokasi el mart ini, dimana ada kegiatan usaha yang boleh di bilang ini masih kapasitas UMKM di masyarakat menengah ke bawah," kata Muhammad Yasin, Pemilik Mini market El-Mart Kepada Harian Tangerang Raya, Rabu (11/8/21).

Menurut Yasin, meskipun lokasi mini market El-Mart miliknya berada di dalam kawasan perumahan Middle (Keatas tidak kebawah tidak_red). Namun piahknya mencoba untuk bisa bersaing dilokasi yang sekira memungkinkan agar bisa usaha. Selain mini market El-Mart mantan pegawai BUMN Angkasa Pura II itu juga memiliki gerai bakso namun karena dampak pandemi Covid-19 bakso tersebut sudah tidak beroperasi lagi.

"Nah untuk yang El-Mart sendiri kita tetap menjalankan Protokol Kesehatan (Prokes) yang dianjurkan oleh pemerintah. Jadi usaha - usaha kita ini sebetulnya lebih kepada pelayanan masyarakat dan kebutuhan masyarakat," imbuhnya.

Yasin menambahkan, sebenarnya yang di HO ini sebagai bentuk modal kalo ada yang bermitra untuk franchise di El-Mart, tapi kalau secara operasional memang kita ada usaha di beberapa Bandara yakni di Bandung, Halim Perdana Kusuma, Soekarno Hatta dan Medan. Pihaknya juga membuka kesempatan seluas - seluasnya kepada masyarakat jika ingin bergabung mengembangkan usaha bersama brand El-Mart.

"Bila ada yang ingin gabung, kita akan bahas secara detil, yang jelas kita lebih murah, jauh lebih ringan dari kebiasaan kerja sama dengan bentuk - bentuk ritel minimarket yang saat ini sudah berjalan secara nasional," tuturnya.

Pihaknya berharap dengan adanya kunjungan Kadin Bandara SHIA, pertama paling tidak sudah punya brand yakni kadin sudah bisa mengenal, artinya kelembagaan yang di sahkan oleh pemerintah yang memang bidangnya dalam hal ini.

"Kita percaya bahwa tentunya kedepan kadin Bandara SHIA akan memberikan satu edukasi yang lebih ada dari yang sekarang sudah berjalan ini," paparnya.

Sementara itu Ketua Kadin Bandara SHIA Hj.Aam Maryamah, SH,MH yang di wakili oleh Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Bandara SHIA Dr.H.Rd.Deden Syaiful Achyar, MSc, mengatakan, Setelah roadmap dengan El Mart tentunya banyak kawan - kawan yang  berfikiran sama dengannya, terutama ingin membuka Elmart yang ketentuan dan persyaratan nya tidak memberatkan dan bersaing dengan kompetiter mini market yang sudah eksis.

"Yang pertama tujuan saya ini tentunya mengajak kawan - kawan yang selama ini masih bingung mencari proyek, lupakan tentang proyek, saat kita bagaiman mengoptimalkan kondisi sekarang dengan menggalakan UMKM melalui El-mart yang kita bentuk," katanya.

Kemudian, sambung Deden, El-Mart tersebut akan kita publish untuk kawan - kawan se banten untuk menjadi kemitraan, dengan persyaratan nya, mereka punya ruko sendiri dan dengan ketentuan - ketentuan, bagi yang minat bisa menghubungi kadin bandara kepada saya, nanti akan kita kumpulkan untuk diberikan pengarahan oleh pemilik dengan owner El-Mart nya.

Yang kedua, kata Deden, pihkanya juga akan menggalakan UMKM naik kelas melalui Boga yang sudah bermerek yaitu Boga Mang Odin, ini tentunya ada per izinannya.  Naik kelasnya melalui kemitraan dengan Purantara dan Aerofood selanjutnya setelah ada kemitraan ini tentunya kita bisa membuka gerai di terminal yang ada di bandara Soetta maupun di luar terminal kawasan bandara Soetta

"Tidak menutup kemungkinan gerai ini akan menjadi gerai El-Mart dan Boga Mang Oedin ini akan terkenal, bukan terkenal karna namany tapi dikenal oleh peminatnya karena memiliki administrasi yang gampang, jaminan sangat berkompetisi dengan yang lain nya dan kemudahan - kemudahan yang di tawarkan oleh el-Mart dan Boga Mang Oedin.

Di tambah lagi kita punya roti boy akan kita pasarkan, roti boy itu mereka yang berminat menjual roti boy akan berhubungan dengan kadin bandara. Kenapa kita tawarkan, karena ke tiga ini menjadi anggota kadin bandara , nah kadin ini lah yang akan mempublish kemudian mengantarkan kepada para peminat menjadi mitranya elmart, boga mang oedin dan mitranya roti boy

"Saya selaku ketua Dewan Pertimbangan Kadin Bandara SHIA dan bagian dari bandara
tidak ingin mensejahtrakan diri sendiri dan  keluarga saja tetapi untuk masyarakat kita dan pengusaha yg ingin memajukan UMKM melalui El-Mart maupun Boga Mang Oedin. Adapun roti boy ini bukan UMKM tapi hanya penghasilan tertentu yang mungkin di pasarkan di daerah masing - masing," demikian Deden. (fuad/dam)