FSB Garteks Banten Gelar Membership Meeting

FSB Garteks Banten Gelar Membership Meeting

SERANG | TRM

Federasi Serikat Buruh Garmen Kerajinan Tekstil Kulit dan Sentra Industri (Garteks) Banten menggelar kegiatan Membership Meeting. Kegiatan dihadiri Sekertaris Jendral DPP Garteks, Trisnur Priyanto, Ketua DPC Garteks Tangerang, Tri Pamungkas dan puluhan Pengurus Komisariat (PK) bertempat di gedung catur, Ciruas, Sabtu (28/11).

Ketua DPC Garteks kabupaten Serang, Faisal Rakhman mengatakan kegiatan membership meeting ini sebagai sarana pertemuan untuk mempererat silaturahmi sebagai penguat organisasi dan menjadi ajang konsolidasi antar pengurus Komisariat Garteks di wilayah Banten dengan pengurus DPP Garteks dalam menghadapi tantangan di era globalisasi industri 4.0 dan setelah Undang-undang cipta kerja disahkan tentu banyak perubahan yang dialami buruh di Indonesia.

“Melalui kegiatan ini diharapkan serikat buruh Garteks dapat beradaptasi dan semakin berkembang lebih kuat lagi," kata Faisal.

Di tempat yang sama, Ketua DPC Garteks Tangerang, Tri Pamungkas menyampaikan untuk menuju  serikat buruh yang mandiri, maka Federasi Serikat Buruh Garteks berkomitmen membangun sumber daya manusia yang mumpuni di tingkat basis.

“Tumbuhkan kemandirian sehingga anggota tidak lagi bergantung kepada pengurus komisariat. Begitu pula pengurus komisariat tidak bergantung ke Pengurus Cabangnya,” papar Tri Pamungkas.

Menurut Tri Pamungkas, dinamika hukum perburuhan sangat komplek, belum lagi masalah Upah Minimum Kabupaten (UMK), upah minimum Propinsi (UMP) dan persoalan isu upah minimum Sektoral kabupaten (UMSK) tidak ada atau dihapuskan menambah duka para buruh khususnya anggota yang tergabung dalam serikat buruh Garteks di Provinsi Banten.

Sementara itu, Sekjen DPP Garteks, Trisnur Priyanto menambahkan kegiatan membership meeting ini sebagai sarana diskusi terbuka anggota, untuk menampung aspirasi, persoalan yang ada seperti kendala yang dihadapi di perusahaan saat melakukan perekrutan, kesulitan dalam melaksanakan advokasi kepada anggota dan lain-lain.

“Kegiatan ini juga dapat meningkatkan rasa memiliki anggota terhadap organisasi, militan dan yang paling utama adalah penguatan dan pengembangan Garteks ke depan,” pungkasnya. (mur/dam)