Guru SMPN 1 Kibin Sibuk Input Nilai e-Rapor

Guru SMPN 1 Kibin Sibuk Input Nilai e-Rapor

SERANG | TRM

Setelah kegiatan Penilaian Akhir Tahun (PAT) bagi peserta didik selesai kini tugas para guru SMP Negeri 1 Kibin untuk melakukan penilaian dengan cara menginput nilai tersebut ke aplikasi e-rapor. K. Sesuai jadwal, Sabtu (13/6) dan senin (15/6) dikhususkan bagi wali kelas VII dan guru mata pelajaran kelas VII. Kegiatan input nilai e- rapor bertempat di laboratorium komputer yang ada di sekolah, Senin (15/6).

Wakasek Kurikulum SMP Negeri 1 kibin, Saeful Hidayat didampingi wali kelas VII, Babay Subadri mengatakan, guru mata pelajaran dan wali kelas dalam hubungannya dengan aplikasi e-rapor, memiliki wewenang dan tugas memasukan password sendiri, merencanakan penilaian pengetahuan, ketrampilan, sikap spiritual dan sikap sosial, menginput nilai pengetahuan, ketrampilan, sikap spiritual dan sosial, menyimpan proses deskripsi nilai, mengirimkan nilai akhir, menginput nilai Penilaian Akhir Tahun (PAT).  

Saeful menjelaskan pencapaian kompetensi peserta didik poin yang dinilai antara lain nilai pengetahuan, ketrampilan, sikap dibagi menjadi nilai relegius dan sosial, nilai ektrakurikuler, basensi, deskripsi siswa. “Senin (15/6) ini, jadwal input nilai bagi guru mata pelajaran kelas VII dan wali kelas VII. Selasa (16/6) sampai Rabu (17/6) input nilai bagi wali kelas VIII dan guru mata pelajaran kelas VIII. Kamis (18/6 ) sampai Jum’at (19/6) khusus guru mata pelajaran dan wali kelas IX,” jelas Saeful Hidayat kepada Tangerang Raya di sela-sela kegiatan input nilai.

Sementara itu, Kepala UPT SMPN 1 Kibin, Muhri menambahkan, komponen penting implementasi kurikulum 2013 adalah pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang berbasis proses dan otentik. Untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahyan dan ketrampilan yang memadai pada para peserta didik.

"Upaya perubahan paradigma penilaian yang semula mengutamakan pengukuran hasil pembelajaran (Assesment of learning) menjadi penilaian sebagai upaya pembelajaran (Assesment for learning dibutuhkan sarana yang efektif dan memadai untuk menindaklanjuti dan memanfaatkan proses dan hasil penilaian," paparnya. (mur/dam)