Kepsek SMP Rayon 4 Dibina Pengawas

Kepsek SMP Rayon 4 Dibina Pengawas

SERANG  | TRM

Pengawas pembina SMP memberikan pembinaan kepada para kepala sekolah SMP dari enam kecamatan yakni Cikande, kibin, Binuang, Kopo, Jawilan dan Carenang yang tergabung dalam rayon 4. Rapat dinas rayon 4 kali ini bertempat di aula SMPN 1 kibin dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, Selasa (20/10).

Materi pembinaan disampaikan oleh Pengawas SMP yakni Drs. Setiawan, M.Pd, Nana Saptana, M.Pd dan Bambang. Seluruh peserta rapat terlihat antusias mengikuti kegiatan pembinaan dari awal sampai selesai pukul 12.00 Wib.

Salah satu pengawas SMP, Setiawan mengatakan, kepala sekolah memegang peranan yang sangat besar untuk memajukan sekolah yang dipimpinnya. Sebagai manajerial, peran kepala sekolah semakin efektif dalam membawahi guru dan tenaga kependidikan dan menjadi suri tauladan bagi warga sekolah. Dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, kepala sekolah maupun guru akan dinilai dari bagaimana kinerjanya maka diperlukan penilaian kinerja kepala sekolah (PKKS) dan Penilaian kinerja guru (PK Guru).

“Ada beberapa bentuk penilaian yang dilakukan mulai dari kelengkapan dokumen yang berhubungan dengan tugas guru dan kepala sekolah serta bagaimana hasil fisik kerja yang dibuktikan dengan dokumentasi perkembangan sekolah selama ini. Tugas kepala sekolah tidak mudah harus bisa mengambil keputusan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan serta keperluan sekolah,” kata Setiawan.

Keberhasilan sekolah, kata Setiawan, dapat terjadi apabila ada kerjasama yang baik antara kepala sekolah, guru, staf tata usaha, komite sekolah serta seluruh warga sekolah lainnya yang memiliki kepentingan dalam memajukan sekolah. Dalam memajukan perkembangan sekolah, sebagai kepala sekolah harus benar memahami pekerjaan sekolah khususnya dibidang teknologi pendidikan yang mengedepankan asas kejujuran dalam melakukan pengimputan data sekolah untuk mengetahui bagaimana hasil dan kinerja sekolah selama ini yang diaplikasikan dan dilaporkan dalam bentuk pendataan dalam aplikasi dapodik dan juga aplikasi penjamin mutu pendidikan.

“Pada aplikasi penjaminan mutu sekolah (PMP) maka sekolah akan mudah untuk dinilai bagaimana perkembangannya sebab pada pengisian PMP seluruh warga sekolah wajib melakukan evaluasi diri sekolah (EDS) yang didalamnya banyak pertanyaan yang harus dijawab dengan tepat apa saja kelebihan dan kekurangan yang ada pada sekolah,”terangnya.

Sementara itu, Ketua Rayon 4 SMP, Muhri mengajak kepada seluruh kepala sekolah agar bisa mengimplementasikan hasil pembinaan dari pengawas ke sekolahnya masing-masing. Dan senantiasa menjaga aset sekolah agar dalam kondisi baik dan aman. “Atas nama pengurus rayon 4 SMP, saya meminta maaf apabila dalam rapat kali ini masih banyak kekurangan. Terima kasih kepada para pengawas yang telah memberikan tambahan wawasan terkait KKPS dan PK guru,” ungkapnya. (mur/dam)