KPU Tangsel Kembali Buka Kotak Suara

KPU Tangsel Kembali Buka Kotak Suara

Tetapkan Daftar Pemilih Berkelanjutan
 

TANGSEL | TR.CO.ID

Guna kebutuhan penetapan daftar pemilih berkelanjutan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangsel kembali membuka kotak suara. Pembukaan seluruh kotak suara yang dipantau langsung oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tangsel, dan Polres Tangsel itu untuk melakukan evaluasi dan perbaikan data pemilih, yang nantinya akan ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Berkelanjutan.


Ketua KPU Kota Tangsel, M Taufiq MZ mengatakan, bahwa surat edaran KPU RI memerintahkan kepada seluruh KPU kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada 2020 untuk melakukan. Penyempurnaan data pemilih pasca Pilkada.


Menurut Taufiq, dari hasil Pilkada kemarin gabungan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) ada sebanyak 983.261 pemilih.


“Tadi kami baru saja secara seremoni melakukan pembukaan kotak suara. Ini untuk melakukan penyempurnaan data pemilih agar nantinya bisa kami tetapkan menjadi Daftar Pemilih Berkalnjutan,” ujar Taufiq kepada wartawan, kemarin.


Taufiq mengatakan, dalam prosesnya nanti akan dilakukan oemilihan antara mana yang ada di DPT dan juga mana yang masuk pemilih yang menggunakan KTP dan belum masuk ke dalam DPT.


Taufiq menkelaskan, daftar pemilih berkelanjutan tersebut nantinya akan diserahkan kepada KPU RI dan juga kepada Kementrian Dalam Negeri melalui Disdukcapil Kota Tangsel. Sehingga data tersebut bisa menjadi data base untuk keperluan lainnya.


“Misalnya seperti data untuk vaksinasi. Maka ini juga katanya bisa digunakan untuk keperluan data base Kementrian Kesehatan untuk melakukan vaksinasi. Dan juga untuk keperluan pendataan lebib lanjut Pilkada atau Pemilu yang akan datang,” ucapnya.


Taufiq menambahkan, dalam proses penyempurnaan data tersebut ada beberapa tahapan serta dibagi menjadi beberapa tim, sampai batas waktu 30 April nanti.


“Yang kita lakukan nanti itu, Buka kotak untuk daftar pemilih berkelanjutan, scan dan input daftar hadir, C 7 KWK DPT dan DPTb pada Pilkada 2020. Setelah semu proses itu dilakukan oleh tim untuk seluruh kotak suara maka akan diketahui berapa jumlah akhirnya. Dan tentunya ini memakan waktu lama,” tukasnya. (yan/jojo)