Masjid Megah SMAN 1 Ciruas Diresmikan

Masjid Megah SMAN 1 Ciruas Diresmikan

CIRUAS | TR.CO.ID

SMAN 1 Ciruas akhirnya kembali memiliki bangunan masjid yang baru. Masjid dua lantai yang diberikan nama At-Tarbiyah tersebut, merupakan hasil donasi yang dilakukan oleh seluruh alumni SMAN 1 Ciruas beserta berbagai dermawan.
Ketua Panitia Pembangunan Masjid At-Tarbiyah, H.Sopan, mengatakan bahwa pembangunan masjid At-Tarbiyah merupakan ide dan gagasan pihak sekolah beserta segenap alumni SMAN 1 Ciruas, pada saat dilakukannya reuni tiga dasawarsa pada 2019 lalu.
“Lahirnya gagasan ini berangkat dari keprihatinan alumni pada kondisi masjid yang sebelumnya, yang dibangun pada 1986 dan sudah dalam kondisi yang rusak berat serta tidak dapat menampung seluruh warga sekolah yang berjumlah 1.500 orang,” ujarnya, Rabu (10/3).
Ia menuturkan bahwa Masjid At-Tarbiyah dibangun selama kurang lebih 8 bulan lamanya, ejak dilakukan peletakan batu pertama oleh Asda 1 Pemprov Banten tahun lalu. Pembangunan juga dilakukan berdasarkan surat rekomendasi Dinsos Kabupaten Serang bernomor 460/468/Dinsos-2020.
“Sumber anggaran pembangunan Masjid At-Tarbiyah ini berasal dari donasi keluarga besar alumni SMAN Ciruas dan beberapa dermawan non-alumni serta pihak swasta. Donasi yang diterima oleh panitia pembangunan terdiri dari donasi uang dan barang dengan total Rp2,5 miliar,” jelasnya.
Ketua IKA SMAN 1 Ciruas, Hani Suryadini, mengatakan bahwa pada mula rencana pembangunan masjid tersebut muncul, pihaknya sempat pesimistis rencana itu dapat terealisasi. Sebab saat ini sedang terjadi pandemi Covid-19.
“Namun ternyata semangat para alumni SMAN Ciruas yang ingin membantu adik-adik yang masih belajar, yang berharap memiliki masjid yang layak itu besar. Maka kami segenap alumni bangkit dengan optimis kebersamaan mencoba mengambil langkah yang konkret,” katanya.
Ia mengatakan, dengan modal kepercayaan yang diberikan oleh seluruh alumni, dewan guru serta orang tua siswa. Akhirnya pembangunan Masjid At-Tarbiyah yang diamanahkan kepada IKA SMAN 1 Ciruas dapat terealisasi.
“Saya selaku ketua IKA SMAN 1 Ciruas tentunya mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh panitia dan pihak yang membantu pembangunan masjid ini,” terangnya.
Di tempat yang sama, Kepala Dindikbud Provinsi Banten, Tabrani, mengatakan bahwa dirinya sangat bahagia melihat kekompakkan yang dilakukan oleh para alumni SMAN 1 Ciruas. Karena menurutnya, baru kali ini ia melihat alumni yang berkumpulnya dapat membangun masjid yang megah.
“Selama 5 bulan saya menjabat sebagai Kepala DIndikbud Provinsi Banten, rasanya baru kali ini saya melihat alumni dapat membangun sebuah masjid yang megah. Biasanya alumni itu kumpul-kumpul bulanan reuni, rujakan, bacakan. Tapi ini luar biasa, bisa membangun rumah ibadah. Ini akan saya jadikan bahan cerita untuk sekolah-sekolah lainnya,” tandasnya.(red/fuad)