Monev Afirmasi dan Kinerja 2020

Monev Afirmasi dan Kinerja 2020

SERANG | TR.CO.ID

SDN Kareo, Kecamatan Jawilan menjadi salah satu lokasi titik kumpul lima sekolah dasar yang mengikuti kegiatan monitoring dan evaluasi penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) reguler tahun anggaran 2020. Ke lima sekolah dasar tersebut antara lain SDN Kareo, SDN Kareo Genggong, SDN Junti 1, SDN Junti 2 dan SDN Junti 3. Semua yang hadir terlebih dulu di cek suhu dengan thermogun, mencuci tangan terlebih dahulu dan menjaga jarak sesuai dengan protokol kesehatan. Hal tersebut dikatakan Ketua Kelompok Kerja kepala Sekolah Dasar (K3SD) kecamatan Jawilan, Kasban kepada Harian Tangerang Raya, Senin (25/1).

Kasban mengatakan tim monev BOS dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang yang bertugas adalah ibu H. Siti Fatimah, mengecek penggunaan dana BOS reguler, triwulan 1,II dan III, selama satu tahun, tahun anggaran 2020.

“Monev ini tujuannya untuk mengecek realisasi penggunaan dana BOS, meningkatkan asesibilitas serta mutu pembelajaran bagi peserta didik bagi sekolah dasar yang tergabung di gugus 3,” kata Kasban.

Sementara itu, Pengawas Pembina Sekolah dasar kecamatan Jawilan, H. Alis menambahkan kegiatan  monev laporan pertanggung jawaban BOS tahun anggaran 2020 ini melihat realisasi pengaplikasian Permendikbud nomor 19 tahun 2020 tentang perubahan Permendikbud nomor 8 tahun 2020 tentang Juknis BOS reguler tahun 2020. Pada poin A tentang penerapan protokol kesehatan di masa pandemi covid-19 dengan pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran dari rumah (BDR). Selain itu mengecek pembayaran pajak termasuk keberadaan saldo BOS tahun anggaran 2020 dan monev afirmasi serta kinerja tahun 2020.

“Kesimpulannya untuk sekolah dasar di wilayah Jawilan, semua sudah membuat LPJ dana BOS reguler dan sudah terselesaikan. Pajak sudah dibayarkan. Namun masih ada saldo yang perlu direalisasikan di tahun 2020. Seluruh guru yang di monev tetap patuhi protokol kesehatan,” pungkasnya. (mur/dam)