MTD Lebak Konsisten Mengabdi Meski Tanpa Operasional Kerja

MTD Lebak Konsisten Mengabdi Meski Tanpa Operasional Kerja
Amir Mahfud, Koordinator MTD Lebak saat melakukan penguluhan dan pembinaan pada pembudidaya ikan air tawar.

LEBAK | TRM

Sejak pembentukannya lima tahun silam, kehadiran Mantri Tani Desa (MTD) disetiap pelosok perdesaan di Kabupaten Lebak, tentu saja diharapkan dapat membawa warna tersendiri, khususnya bagi kemajuan sektor pertanian, Perikanan air tawar, Kelautan, Perkebunan di Lebak.

Dituturkan Amir Mqhmud, Koordinator MTD Kabuoaten Lebak, bahwa  berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) No 1 tahun 2015 tentang desa dan Pengangkatan serta pemberhentian Mantri Tani Desa. Yang mana Mantri Tani Desa Dibentuk oleh Pemerintah daerah  Lebak, bertujuan untuk melaksanakan Pendampingan,pembinaan,terhadap Masyarakat Petani dan Nelayan diwilayah desa binaannya Masing -masing.

" Sebagai MTD, tugas kami membina dan mendampingi masyarakat, petani dan  Nelayan dimana MTD tersebut ditugaskan. Itulah arti kehadiran kami sebagai MTD, yang ditugaskan distiap pelosok perdesaan di Lebak," katanya, Jumat (28/11).

Menurutnya, adapun ruang lingkup kerja MTD secara Teknis, yaitu yang berkaitan dengan rumpun Hijau:Pertanian,Perikanan,Ketahanan Pangan,Kehutanan,Peternakan,Dan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa.

Karenanya, secara administrasi adanya MTD di Lebak, tentu saja terdapat pihak yang merasa terbantu, semisal penyuluh pertanian,Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan,Para petani dan ruang lingkup rumpun hijau.

"Saya selaku Kordinator MTD, Sangat berharap agar para MTD terus konsisten dalam memberikan pendampingan,penyuluhan kepada para petani. Asfiratif dalam menampung keluh kesah para petani, dalam menanggulangi berbagai kendala di lapangan baik Dari serangan Hama  maupun kendala lainnya yang berkaitan dengan ruang lingkup rumpun hijau," terangnya.

Kata Amir lagi, kami juga sangat Berharap, agar kehadiran MTD oleh pemerintah di perhatikan, semisal adannya pelatihan peningkatan kinerja, agar SDM MTD terus meningkat.

Kami juga berharap, Pemkab Lebak, bisa mengalokasikan anggaran operasional untuk tenaga MTD di lapangan. baik itu bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Lebak maupun APBD Provinsi Banten.

"Besar harapan kami pemerintah mampu mewujudkan hal tersebut. Agar kami bisa bersinergi antara tanggungjawab dan hak," tukasnya. (yans/fik/zal/dam)