Pembangunan Kampus UIN di Solear Terkendala Lahan Overlap

Pembangunan Kampus UIN di Solear Terkendala Lahan Overlap
Rektor UIN Syarif Hidayatulloh Jakarta, Prof. Dr. Amany Lubis (Kedua Kanan).

TANGERANG | TR.CO.ID

Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatulloh Jakarta segera membangun kampus untuk pengembangan Fakultas di Desa Cikuya, kecamatan Solear, kabupaten Tangerang. UIN juga sudah memiliki lahan dilokasi tersebut sesuai dengan master plan, namun terkendala lahan yang overlap sehingga belum bisa dibangun sepenuhnya.

Rektor UIN Syarif Hidayatulloh Jakarta, Prof. Dr. Amany Lubis mengatakan, bahwa lahan yang dimiliki oleh UIN Syarif Hidayatullah Jakarta saat ini seluas 27 hektar dan sudah atas nama milik UIN, namun ada 15 hektar lagi yang belum di atas namakan, jadi total semua mencapai 42 hektar.

"Kondisi lahan juga agak overlap dengan banyak PT dan banyak pihak sehingga belum bisa dibangun secara menyeluruh sesuai dengan master plane yang ada karena belum jadi satu hamparan, maka kami ingin bertemu dengan Anggota DPD RI Dapil Banten serta camat untuk membantu UIN Jakarta agar bisa memanfaatkan lahan UIN Jakarta ini," ungkapnya, kepada Harian Tangerang Raya, saat melakukan kunjungan ke lahan UIN Jakarta di kecamatan Solear bersama rombongan Senator asal Banten serta Pemerintah kecamatan Solear, Jum'at (5/8/22).

Lahan tersebut, sambung Amany Lubis, rencananya akan di bangun fasilitas kampus yang besar. Sesuai rencana ada student center, sport center, asrama besar UIN Jakarta yang bisa menampung 7000 mahasiswa. Juga ada Fakultas Pertanian kemudian ada pacuan kuda, sarana olah raga yang baik kemudian juga ada agro edufark, museum pertanian dan lingkungan hidup.

"Ini jadi sebenarnya sangat bermanfaat kalau kita bisa kembangkan namun masih terhalang oleh kondisi lahan yang belum sempurna kita kuasai.  Kendalanya Terhalang masalah waktu aja, kita harus ketemu dukungan camat dan perhatian dari DPD RI. Kita bisa duduk bersama dengan pihak - pihak yang menguasai supaya bisa saling memberikan lahan nya, kan overlap tadi ya, bisa kita sertifikatkan dan bisa kita tukar guling supaya lahan UIN jangan terpencar pencar," imbuhnya.

Pihaknya pun akan mensosialisasikan ke masyarakat bersama pemerintah kabupaten Tangerang bahwa lahan UIN Jakarta yang berada di wilayah Solear akan di buat sarana pendidikan.

"Kami ingin memanfaatkan lahan yang ada, semoga kepada para pihak PT yang mempunyai lahan di sekitar lahan kami atau yang berada di dalamnya memberikan peluang untuk penyelesaian masalah dengan rislah atau dengan jual beli pun tak apa," pungkas Rektor. (fj/dam)