Penambangan Pasir Emas, DPMPTSP Klaim Tidak Pernah Dilibatkan

Penambangan Pasir Emas, DPMPTSP Klaim Tidak Pernah Dilibatkan
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Lebak, Yosep Mohamad Holis

LEBAK | TRM

Aktivitas penambangan pasir emas yang dilakukan oleh PT Graha Makmur Coalindo (GMC) di Kecamatan Cihara, Panggarangan dan Bayah terus menuai protes.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Lebak, Yosep Mohamad Holis ketika dikonfirmasi wartawan mengatakan, pihaknya tidak pernah dilibatkan dalam pemberian izin, dalam usaha tambang emas di laut tersebut.

Menurut Yosep, penambangan pengedotan pasir emas yang ada di pesisir lepas pantai selatan merupakan kewenangan dari Pemerintah Provinsi Banten.

"Permohonan dan pembuatan ijin soal pertambangan penyedotan pasir emas di Lebak Selatan tersebut, itu kewenangan Provinsi. Menurutnya, tidak perlu ada rekomendasi dari DPMPTSP Lebak," ujar Yosep Mohamad Holis selaku Kepala Dinas DPMPTSP, Senin (30/11).

"Iya menurut aturan, seluruh pesisir pantai sampai 12 mil laut itu kewenangan Provinsi. Jadi yang menerbitkan IUP OP dan AMDAL adalah pihak Provinsi. Tidak perlu ada rekomendasi dari Kabupaten," imbuhnya.

Ditambahkan Yosep, pihaknya mengaku tidak pernah dilibatkan apapun dalam penambangan penyedotan pasir emas di Lebak selatan tersebut. Selain itu, pihaknya tidak pernah berkomunikasi terkait hal itu.
"Jadi, kami memang tidak diikutkan pada saat sosialisasi tersebut. Karena tidak ada kewenangan di DMPTS Lebak," terangnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi I DPRD Lebak, Muhamad Arif, meminta agar ijin yang dibuat dari Provinsi Banten untuk penyedotan pasir emas disepanjang pesisir pantai ditiga Kecamatan wilayah Lebak selatan itu ditinjau ulang.

Menurutnya, aktivitas penambangan pasir emas yang dilakukan oleh PT Graha Makmur Coalindo (GMC) di Kecamatan Cihara, Panggarangan, dan Bayah tersebut, akan berdampak pada air laut, juga pada ekonomi para nelayan.

Pihaknya juga mengaku akan terjun langsung meninjau kelokasi, untuk memastikan langsung dampak dari kegiatan dari penyedotan tersebut. (aji/fik/jojo)