Pengawas Sekolah Berperan Tingkatkan Kinerja Guru

Pengawas Sekolah Berperan Tingkatkan Kinerja Guru
Siswa SD. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

TR Online - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Lebak terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan. Menurut Kepala Dindikbud Wawan Ruswandi, peningkatan mutu pendidikan bukan hanya tanggung jawab guru dan anak didik, tetapi juga peran serta pengawas sekolah.

Oleh karena itu, setiap pengawas sekolah taman kanak-kanak (TK), sekolah dasar (SD) dan SMP harus terus bekerja keras.“Peran pengawas sangat penting untuk menegakkan kedisiplinan di lingkungan sekolah. Saya berharap pengawas aktif melakukan pemeriksaan dan pengawasan perangkat pembelajaran yang dilakukan para guru,” kata Wawan, kemarin.

Menurutnya, pengawas sekolah juga mempunyai tugas, fungsi dan peran penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Mereka harus mampu beradaptasi dalam pembangunan pendidikan nasional.“Lantaran itu kualitas pengawas sekolah perlu ditingkatkan secara terus menerus agar menjadi pengawas profesional,” katanya.

Menurut Wawan, pengawas sekolah berkedudukan sebagai pelaksana teknis fungsional di bidang pengawasan akademik dan manajerial pada sejumlah satuan pendidikan yang ditetapkan.“Tugas itu meliputi, penyusunan program pengawasan, pelaksanaan pembinaan guru dan kepala sekolah,” katanya.

Sekretaris Dindikbud Kabupaten Lebak Imam Suangsa menyebutkan, pengawas harus mengedepankan pendekatan kepada guru dan kepala sekolah (kepsek).“Jaga komunikasi yang baik dengan kepala sekolah dan guru,” katanya. Imam mengklaim, pengawas selama ini telah memberikan kontribusi terwujudnya kesepakatan program dan kebijakan pembangunan di bidang pendidikan yang saling mendukung untuk kepentingan pembangunan kependidikan.