Pengusaha Tak Miliki IMB

Pengusaha Tak Miliki IMB

TANGSEL | TR.CO.ID

Pemerintah Kota (pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) akan melakukan pemeriksaan pada bangunan milik perusahaan atau perorangan yang saat ini tidak memiliki surat izin mendirikan bangunan (IMB). Hal itu ditegaskan Wakil Walikota Tangsel, Pilar Saga Ichsan, kepada awak media, kemarin (10/8).

Menurut Pilar, dirinya sudah berkomunikasi dengan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk melakukan pemeriksaan terkait IMB. "Kebetulan saya lagi komunikasi juga dengan Bapenda, Pak Wali juga lagi konsen kesana terkait surat-surat IMB," katanya.

Pilar memerintahkan pada pihak Bapenda Tangsel untuk melakukan penyisiran secepatnya. "Untuk menyisir bagian perizinan khususnya, siapa pengusaha-pengusaha yang nakal tidak mengurus surat-surat IMB, itu kan bahaya sekali pada keselamatan pengguna dan pekerja," paparnya.

Menurutnya, jika perusahaan membayar perizinan IMB, hal tersebut dapat membantu pendapatan asli daerah (PAD) Tangsel pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 saat ini. "Selanjutnya, pendapatan untuk daerah juga kan kita lagi ngedrop, darimana lagi kalau bukan dari retribusi perizinin," ungkap Pilar.

Analisis dampak lingkungan (Amdal) menurut Pilar, juga akan menjadi perhatian khusus dalam mendirikan bangunan di Tangsel. " Bila ada perusahaan yang tidak punya Amdal, ini akan kita tindak tegas, nanti OPD terkait akan periksa," tegasnya. (yan/hel).