Penilik Dikmas Bina Pengelola Paud

Penilik Dikmas Bina Pengelola Paud

SERANG | TRM

Penilik Dikmas Kecamatan Jawilan memberikan pembinaan kepada para kepala sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bertempat di aula kantor UPT Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kecamatan Jawilan, Harendong, Sabtu (17/10).

Penilik Dikmas Kecamatan Jawilan, H. Yanto Winaryo didampingi H. Ibrahim menyampaikan Penilik Dikmas memiliki tugas utamanya melakukan kegiatan pengendalian mutu dan evaluasi dampak program Pendidikan anak usia dini (Paud), pendidikan kesetaraan serta kursus pada jalur pendidikan non formal dan informal.

Menurut H, Yanto, kegiatan ini juga dalam rangka singkronisasi program kerja penilik Dikmas kecamatan Jawilan berdasarkan wilayah dan jumlah satuan pendidikan yang menjadi tupoksi Penilik dalam peningkatan mutu, pengawasan dan bimbingan kepada para pengelola Paud di kecamatan Jawilan. Supervisi mengarahkan perhatian kepada dasar pendidikan dan cara belajar serta perkembangan dalam pencapaian tujuan umum pendidikan. Berusaha mengadakan dan melengkapi perlengkatpan termasuk macam macam media instruksional yang diperlukan bagi kelancaran jalannya proses belajar mengajar yang baik.

Sebagai Penilik Dikmas, kata H. Yanto, kita memberikan bantuan pembinaan ke arah perbaikan pembelajaran. Bantuan pembinaan dapat berupa kegiatan pengarahan, memberikan drngan atau mengkoordinasi ke arah perbaikan pembelajaran. Fungsi pengawasan atay supervisi dalam pendidikan bukan hanya melihat segala kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan rencana atau program yang telah digariskan, tetapi lebih dari itu.

“Kami sangat mengapresiasikepada para pengelola PAUD yang ada di kecamatan Jawilan yang dapat hadir mengikuti kegiatan ini. Kami juga sampaikan tentang penerimaan insentif tahap ke dua dan inventarisir calon penerima beasiswa jenjang S1 Pendidikan guru Paud.  Alhamdulilah ada 35 pengelola Paud yang hadir dalam kegiatan pembinaan ini,”kata H. Yanto.

Dalam kesempatan ini pula pihaknya melakukan verifikasi penerima insentif tahap ke dua untuk diusulkan ke tahap berikutnya. (mur/dam)