Ramai - ramai Santri Baca Kitab Kuning

Ramai - ramai Santri Baca Kitab Kuning

PANDEGLANG | TRM

Para santri dari berbagai Pondok Pesantren (Ponpes) di Kabupaten Pandeglang Ramai - ramai baca kitab kuning, hal itu dalam rangka mengikuti perlombaan yang diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kabupaten Pandeglang.

Ketua DPD PKS Pandeglang Tb.Asep Rafiudin Arief mengatakan, lomba baca kitab kuning tersebut yang diikuti oleh para santri dimasing-masing Ponpes yang ada di wilayah pandeglang itu, dalam rangka melaksanakan rangkaian  Hari Santri Nasional 2020 serta menyambut Munas PKS ke-5.

"Acara Lomba Baca Kitab  Kuning yang kami gelar ini merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan PKS. Sebagai bentuk apresiasi PKS terhadap pondok pesantren dan para santri yang mengaji kitab kuning," ungkapnya media, Minggu (29/11) usai membuka acara tersebut.

Menurut Tb Asep, bahwa Lomba Baca Kitab Kuning Tingkat Nasional 2020 ini babak penyisihannya dilaksanakan di DPD PKS Kabupaten Pandeglang kemudian pemenang akan di seleksi di propinsi dan kemudian akan di tandingkan kembali di tingkat pusat dengan hadiah utama berupa umroh.

"Kita berharap bahwa para santri yang mengikuti lomba hari ini bisa mewakili banten untuk berlomba ditingkat nasional, dan bisa membawa nama baik daerah Pandeglang sebagai Kota Santri," katanya singkat.

Sementara Ketua Dewan Juri, KH.Ucu Syamsudin dan KH.Zaenusholihin pada kesempatan itu mengatakan,  penilaian dalam lomba baca kitab kuning ini diantaranya yaitu dinilai dari segi bacaan dan penguasaan topik pembahasan.

"Kami selaku dewan juri menilai para peserta lomba ini dari berbagai aspek, mulai dari cara membaca kitab sampai dengan penguasaan topik yang sedang dibahas," tutur kedua juri tersebut. (dst/zal/dam)