Ramai - ramai Warga dan Petinggi DPRD Kota Tangerang 'Bela' Palestina

Ramai - ramai Warga dan Petinggi DPRD Kota Tangerang 'Bela' Palestina

CIPONDOH | TR.CO.ID

Ramai - ramai warga dan Petinggi DPRD Kota Tangerang ikut menggelar aksi dukungan untuk rakyat Palestina yang saat ini di jajah oleh zionis Israel. Aksi dukungan tersebut di pelopori oleh Ikatan Da’i Indonesia (IKADI) Kota Tangerang bersama Sahabat Palestina Memanggil (SPM).

Petinggi DPRD Kota Tangerang yang hadir dalam aksi itu yakni Wakil Ketua I DPRD Turidi Susanto dan Wakil Ketua III DPRD Kota Tangerang Tengku Iwan. Selain petinggi dari Legislatief juga hadir dari kalangan ulama diantaranya KH. M. Aslie Elhusyairy, KH. M. Kafrawi Iman, tokoh wanita muslimah Ustazah Tuti Elfita dan sejumlah tokoh masyarakat lainnya.

Turidi mengatakan, aksi itu sebagai bentuk solidaritas masyarakat Kota Tangerang yang peduli dengan rakyat Palestina. Aksi flashmob di lakukan di sepanjang jalan KH. Hasyim Ashari, Cipondoh Tangerang dengan menjaga protokol kesehatan (prokes).

“Tentunya aksi ini solidaritas kepedulian masyarakat Kota Tangerang terhadap penjajahan zionis. Kita tidak mampu hadir di tengah-tengah Palestina, tetapi minimal kita bisa merasakan beban mereka dengan sedikit memberikan kontribusi nyata,” kata Politisi Gerindra ini Kepada, Wartawan.

Ia membeberkan, DPRD Kota Tangerang pun turut menyalurkan bantuan berupa sejumlah uang tunai untuk rakyat Palestina yang diserahkan kepada IKADI.

“Alhamdulilah kami menyampaikan bantuan sebesar Rp 5 juta daripada hasil kerjasama kami di DPRD. Kami Insya Allah selalu berada di garis terdepan mendukung Palestina,” ucap Turidi.

Turidi menuturkan, masyarakat Kota Tangerang akan tetap memberikan dukungan untuk Palestina selama Palestina belum merdeka.

“Kami di DPRD selama Palestina belum merdeka, maka masyarakat Kota Tangerang meminta kemerdekaan Palestina di mana sebagai muslim ada masjid Al-Aqsa sebagai masjid kebanggaan umat yang harus dipertahankan. Kita berharap mudah-mudahan konflik ini segera berakhir. Kami minta kalau perlu zionis Israel dihapuskan dari peta dunia,” jelasnya.

Wakil Ketua III DPRD Kota Tangerang Tengku Iwan menambahkan, hubungan sosial antara Indonesia dengan Palestina sangat erat. Eratnya hubungan ini pun harus tetap terjalin.

“Palestina salah satunya negara di dunia saat sidang dewan keamanan PBB yang pertama mengakui kemerdekaan Republik Indonesia. Lalu, pada tahun 2006 Palestia memberikan bantuan kepada Indonesia saat terjadi tsunami. Ini hubungan sosial, saudara seiman,” imbuh politis PKS ini.

Koordinator aksi, Ustaz Wiyono menjelaskan, teknis dalam aksi dukungan ini digelar dengan protokol kesehatan yang ketat, mengingat pandemi Covid-19 masih melanda.

“Secara umum, melihat panjangnya jalur aksi yang digunakan dan warga berbaris sesuai lokasi yang telah ditentukan dengan menjaga jarak, dengan demikian tidak ada kerumunan massa. Selain itu massa yang hadir kami arahkan stay di tempat tidak ada pergerakkan sampai selesai bubar, hanya mobil komando yang membawa orator yg bergerak menyapa peserta aksi damai ini,” jelas Wiyono

Dalam aksinya, peserta aksi menyatakan sikap mengecam agresi militer Israel terhadap Palestina dan meminta pemerintah Indonesia untuk terus berperan aktif dalam mendukung perjuangan rakyat Palestina serta memfasilitasi masyarakat Indonesia yang ingin menyumbang agar bantuan yang diberikan lebih terarah dan manfaatnya lebih maksimal.

“Alhamdulillah terlihat antusias warga Kota Tangerang dalam membantu Palestina. Dari jumlah peserta aksi yang awal diperkirakan 200 orang, tapi massa yang hadir diperkirakan lebih dari 1.000 orang. Karena itulah kami mempercepat waktu pelaksanaan hanya sampai jam 10.15 Wib, kami khawatir jika diteruskan, massa aksi akan bertambah banyak dan akhirnya menyebabkan kerumunan,” terang Wiyono.

Sementara itu, KH.Amrozi M. Rais,  Presiden Sahabat Palestina Memanggil (SPM) menambahkan, pada aksi ini juga menggalang donasi dari masyarakat.

“Alhamdulillah donasi yang terkumpul sampai saat ini sejumlah kurang lebih Rp 35 juta dan Insyaallah masih terus bertambah. Kami juga menerima donasi dari para pimpinan DPRD Kota Tangerang,” pungkasnya. (fuad/dam)