Siswa Sekolah Dasar Lakukan Simulasi ANBK

Siswa Sekolah Dasar Lakukan Simulasi ANBK

SERANG |TR.CO.ID

Siswa siswi SDN Pabuaran kecamatan Cikande mulai menjalani simulasi Asesmen Nasional  Berbasis Komputer (ANBK). Simulasi ini memberikan gambaran kepada mereka tentang cara dan tahapan bagaimana mengikuti ANBK yang sesungguhnya nanti pada Oktober 2021 mendatang. 

Kepala UPT SDN Pabuaran, Subari menuturkan asesmen merupakan salah satu proses penting dalam pendidikan yang berguna untuk menilai efektivitas pembelajaran dan ketercapaian kurikulum.

"Proses asesmen sangat penting dilakukan untuk mengevaluasi sekaligus memperbaiki proses pembelajaran di satuan pendidikan,"tutur  Subari kepada Harian Tangerang Raya melalui Keterangan elektronik pada Selasa (7/9).

Asesmen nasional, sambung Subari bertujuan untuk memetakan sistem pendidikan berupa input, proses dan hasil melalui serangkaian tahapan. Hasil dari asesmen nasional ini dipakai untuk perbaikan kualitas belajar di sekolah yang pada akhirnya diharapkan meningkatkan hasil belajar peserta didik.

"Karena sekolah kita belum memiliki infrastruktur TIK maka simulasi ANBK dilaksanakan di sekolah lain yakni di SDN Cikande 1," terangnya.

Sementara itu, guru Kelas 5 SDN Pabuaran, Siti Irawati menyampaikan peserta didik kelas 5 yang ikut simulasi berjumlah 30 orang. Mereka ditunjuk secara acak langsung dari Kemendikbud sesuai data Dapodik sekolah. 

Dalam asesmen kompetensi minimum ada dua kompetensi yang diukur yakni numerasi dan literasi dapat ditinjau dari tiga aspek yaitu konten, proses kognitif dan konteks. 

"Alhamdulilah, peserta simulasi dari sekolah kami dapat mengikutinya dengan baik. Mereka juga patuhi protokol kesehatan," pungkasnya. (mur)