SMAN 1 Bandung Pilih Osis Secara Online

SMAN 1 Bandung Pilih Osis Secara Online
illustrasi

SERANG  | TRM

Pemilihan Ketua dan wakil Ketua  Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA Negeri 1 Bandung tahun  2020  berbeda dari tahun kemarin. Jika tahun lalu proses pemilihan secara langsung atau luar jaringan (Luring) namun di masa pandemi covid-19 ini, dituntut untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Pihak sekolah mensiasatinya dengan melaksanakan tersebut secara online .

Pembina Osis SMAN 1 Bandung Wawan Kusnita mengatakan,  dalam pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Osis tahun ini diikuti tiga pasangan calon. Mereka dipilih (Vote) oleh seluruh warga sekolah secara online atau daring pada hari Senin (26/10). Ketiga kadidat pasangan calon Ketua dan Wakil Ketua Osis memiliki kapasitas dan kualitas yang tepat untuk membawa roda organisasi siswa tersebut  menuju ke arah yang lebih maju lagi.

 “Betul pak, pada hari ini, kita melaksanakan pemilihan Ketua dan wakil Ketua Osis secara online. Ada tiga pasangan calon yang ikut kompetisi. Mereka merupakan putra putri terbaik sekolah. Masing-masing calon memiliki program yang berbeda tetapi tujuannya sama ingin memajukan organisasi Osis lebih maju lagi,”kata Wawan kepada Tangerang Raya melalui pesan elektronik.

Wawan menyampaikan setiap warga sekolah yang memiliki hak pilih telah mendapatkan user ID masing-masing dan mendapatkan kartu peserta dengan mengunduh link yang telah ditentukan.

“Mereka tidak bisa memilih sebelum webnya diaktifkan. Pemilihan dimulai pukul 09.00 Wib sampai selesai. Untuk user ID hanya bisa digunakan sekali,”ujarnya.

Kata Wawan, usai login, mulanya pemilih diberikan infrmasi seputar profil dan visi misi dari ketiga pasangan calon ketua dan wakil ketua Osis. Selanjutnya diberikan opsi untuk memilih para kadidat sesuai dengan hari nurani masing-masing.

“Jika semua pemilih sudah memberikan hak suaranya maka vote akan ditutup. Dan hasilnya sudah terpampang secara real time. Para pemilih sudah bisa langsung mengetahui hasil pemilihan melalui quick cunt yang tampak pada layar," tutur.

Di tempat yang sama, Kepala UPT SMA Negeri 1 Bandung, Priyadi menambahkan pesta demokrasi yakni pemilihan Ketua dan wakil ketua Osis SMAN 1 Bandung dilaksanakan oleh Majelis Perwakilan Kelas (MPK).  Pemilihan secara online baru tahun ini dilaksanakan. Peserta didik yang tidak memiliki fasilitas internet dapat datang ke sekolah melakukan pemilihan di lab sekolah.

Menurut Priyadi Dalam menentukan pasangan calon Ketua dan wakil ketua Osis ada beberapa tahapan yang dilalui. Tahapan tersebut terdiri dari pemeriksaan administrasi, tes akademik, kemampuan berorganisasi dan bakat minat. Pemilihan ini merupakan proses pembelajaran demokrasi kepada peserta didik secara langsung.

“Kami berharap siapapun yang akan terpilih nanti bisa bersinergi demi kemajuan sekolah dan membawa nama baik sekolah,” harapnya. (mur/dam)