SMKN 4 Bakal Kembangkan Motor Listrik

SMKN 4 Bakal Kembangkan Motor Listrik
Sudarul Bahri, Kepala SMKN 4 Kota Serang.

SERANG | TR.CO.ID
Sukses dengan menciptakan mobil listrik, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Kota Serang terus berinovasi seiring perkembangan teknologi.


Kali ini, SMK yang terletak di Jl. Raya Serang-Petir, Tinggar, Kec. Curug, Kota Serang ini berinovasi di bidang transportasi dengan menciptakan motor listrik pada tahun 2021.


“Diciptakannya motor listrik oleh siswa SMK Negeri 4 Kota Serang ini adalah untuk menjawab teknologi yang semakin canggih dan menambah jurusan keahlian yang kita unggulkan” ujar Kepala SMKN 4 Kota Serang, Sudarul Bahri, Jumat (18/12).


Timbulnya keinginan untuk menghadirkan karya siswa SMKN 4 Kota Serang ini adalah untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan transportasi. Motor listrik ini diharapkan memudahkan masyarakat di tengah Bahan Bakar Minyak (BBM) yang terus mengalami kenaikan.


Kita targetkan, untuk sekali pengisian daya motor listrik karya siswa nanti, memiliki jangkauan hingga 60 kilometer.
Langkah ini, kata Darul, sebagai wujud nyata SMK yang memilki jumlah siswa 1.448 ini agar tak ketinggalan dengan sekolah-sekolah negeri maupun swasta yang pada dasarnya memiliki fasilitas yang cukup memadai.


“Kita ingin buktikan bahwa dengan fasilitas yang dimiliki. Kita juga mampu untuk terus berkarya seiring perkembangan teknologi yang semakin meningkat,” tandasnya.


Adapun untuk proses pembuatan dan pengembangan motor dan listrik direncanakan pada tahun 2021 rancangan dan desain gambar mulai dikerjakan. Kemudian untuk pengerjaan fisik motor listrik ditarget dikerjakan selama satu minggu. Rencananya motor listrik tersebut bakal dipakarsai oleh jurusan Teknik Bisnis dan Sepeda Motor (TBSM).


"Kita ingin delapan jurusan keahlian yang ada di sekolah ini, memilki karya yang patut diunggulkan. Sehingga semua siswa termotivasi untuk terus melakukan inovasi," ucapnya.


Disisi lain sejumlah sarana pendukung pembelajaran seperti ruang praktek siswa, laboratorium maupun fasilitas lainnya terus dipenuhi.


Bahkan Kemendikbud memberikan perhatian khusus pada sekolah ini dengan memberikan bantuan 3 unit RPS. Ia menyakini bantuan 3 unit gedung RPS berikut alat prakteknya akan menambah semangat siswa untuk terus meningkatkan kompetensi sesuai bidang keahliannya masing-masing. (adg/jojo)