Transformasi Digital Menjadi Kunci, APRINDO Gandeng Microsoft Mengakselerasi Digitalisasi Bagi Ritel Modern dan UMKM Indonesia

Transformasi Digital Menjadi Kunci, APRINDO Gandeng Microsoft Mengakselerasi Digitalisasi Bagi Ritel Modern dan UMKM Indonesia
Konferensi Pers Hari Ritel Nasional Atas (L-R) Oke Nurwan (Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia), Roy Mandey (Ketua Umum DPP APRINDO), Fiki Setiyono (Azure Business Group Lead Microsoft Indonesia) Bawah (L-R) Setyadi Surya (Ketua Panitia Penyelenggara Hari Ritel Nasional 2021), Fernando Repi (Wakil Ketua DPP APRINDO)

JAKARTA | TR.CO.ID

Menyambut Hari RitelNasional yang jatuh pada tanggal 11 November, AsosiasiPengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) dan Microsoft bekerja sama menyelenggarakan rangkaian kegiatan Hari Ritel Nasional 2021 secara hybrid. Mengangkat tema“Ritel Tangguh, UMKM Maju, Indonesia Bangkit”, pagelaran ini terdiri dari aktivitas pendidikan dan pelatihan melalui seri webinar daring, gelaran produkusaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), pemberianapresiasi kepada sosok yang mendorong pertumbuhan dan kemajuan ritel modern, aktivitas lowongan kerja, sertaberbagai inisiatif yang sinergis dan kolaboratif, Rabu (10/11/21).

Termasuk di dalam inisiatif ini antara lain, kerja samaAPRINDO dengan Microsoft dalam mengakselerasitransformasi digital peritel dan UMKM melalui perilisanmicrosite serta buku Panduan untuk Ritel dan UMKM Modern Indonesia, yang dapat diakses melalui tautanhttps://ritelmodernindonesia.com/. Berbagai tahapandigitalisasi yang sesuai dengan kebutuhan ritel dan UMKM, serta solusi teknologi yang dapat digunakanuntuk mendigitalisasi bisnis ritel dan UMKM di berbagaitahap kebutuhan tersebut, dapat ditemukan di panduan ini.

Oke Nurwan, Direktur Jenderal Perdagangan DalamNegeri, Kementerian Perdagangan RepublikIndonesia mengatakan, “Ritel modern adalah pelaku usaha di sektor strategis hilir yang memberikan ketersediaan barang kebutuhan pokok dan sehari-hari bagi konsumsi rumah tangga atau masyarakat. Seiring dengan arus globalisasi dan akselerasi digital yang signifikan,tentunya suatu keharusan bahwa pelaku usaha ritel modern perlu mentransformasikan usahanya mengikuti perubahan perilaku konsumen. Selain menyediakan tempat dan lokasi strategis agar konsumen dapat berbelanja secara luring (offline), usaha ritel juga perlu memasarkan dan mempromosikan barang-barangnya via daring peritel (online retailer) dan marketplace. Sebutan O2O (offline-to-online) bukan lagi merupakan dikotomi,tetapi suatu keniscayaan untuk dikembangkannyasinergisitas. Termasuk di sini, pengembangan para pemasok ke gerai ritel modern, di antaranya para UMKM yang perlu terus menerus diberikan pembinaan usaha,seperti adopsi teknologi yang tepat, guna peningkatan produktivitas yang efisien dan efektif. Karena itu, dukungan berbagai inisiatif lintas sektoral seperti yang dilakukan APRINDO melalui rangkaian acara Hari RitelNasional ke-II bersama Microsoft, para mitra korporasi swasta, serta mitra BUMN, kementerian & lembaga, kami apresiasi. Kami mendukung gelaran ini sepenuhnya, gunamendukung kemajuan usaha, meningkatkan daya saingusaha ritel modern dan UMKM bagi Indonesia Maju dan Bangkit.”

Selain aspek kompetensi digital bersama Microsoft,APRINDO juga terus berupaya memajukan industri ritelIndonesia melalui sejumlah kerja sama lain. Misalnyadengan HALAL Lifestyle Indonesia dalammenyosialisasikan, memperluas akses pasar, dan mempromosikan produk halal Indonesia; dengan PT Pos Indonesia dalam pengoptimalan jasa pengiriman dan transportasi barang ke berbagai daerah; dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam penerapan jaminan kehilanganpekerjaan; dan dengan PT Teknologi Plus dalampenyediaan pembiayaan inklusif (P2P lending) yang produktif bagi UMKM.

“Kami sangat antusias dapat kembali menggaungkanpentingnya industri ritel bagi perekonomian Indonesia di Hari Ritel Nasional 2021 ini. Bekerja sama denganMicrosoft, kami senang karena tahun ini dapatmenyediakan platform yang lebih luas bagi bisnis riteluntuk saling terkoneksi dan bahkan terhubung dengankonsumen. Tidak hanya itu, melalui rangkaian acara yang masih akan berlangsung hingga Desember mendatang, kami juga akan memberikan mereka lebih banyak solusidigital dan program pemberdayaan bersama berbagaiinstitusi. Kiranya, kerja sama ini dapat menjadi titik awalbagi bisnis ritel, termasuk UMKM, dalam menavigasipilihan digital yang tersedia dan terus berkembang, untukmenjawab tantangan globalisasi saat ini,” ujar Roy N. Mandey, Ketua Umum DPP APRINDO.

Berdasarkan data yang dipaparkan Kementerian Perdagangan, ekonomi digital Indonesia diproyeksi akantumbuh delapan kali lipat pada tahun 2030. Dengantingginya jumlah ritel di Indonesia dan besarnya potensidigitalisasi ritel, maka percepatan digitalisasi ritel akanberkontribusi positif terhadap percepatan ekonomi digital Indonesia.

Fiki Setiyono, Azure Business Group Lead Microsoft Indonesia mengatakan, “Sejalan dengan agenda nasionalRevolusi Industri 4.0 yang dicanangkan pemerintah, kiniadalah saatnya kita mengakselerasi dan mengintegrasikaninovasi, kreativitas, dan produktivitas melalui teknologidigital. Bersama seluruh mitra Microsoft yang tersebar di 17.000 pulau di Indonesia, kami siap mendampingipelaku ritel Indonesia untuk memulai ataupunmelanjutkan transformasi digital mereka di setiaptahapan. Pada dasarnya, teknologi yang dapatmemberdayakan bisnis ritel agar semakin maju dan kompetitif sudah tersedia. Hal ini menjadi kesempatanbagi sektor ritel di Indonesia dari berbagai skala untukmenemukan teknologi digital yang sesuai dengan bisnisdan kebutuhan masing-masing. Tidak hanya itu, ini juga peluang bagi ritel untuk mulai membangun keterampilanyang dapat menjalankan dan memanfaatkan teknologidigital tersebut. Kami bangga dapat menjadi bagian dariHari Ritel Nasional 2021 dan siap mendampingi pelakusektor ritel nasional untuk go digital. Mari kitaberkolaborasi untuk memberdayakan ekonomi digital Indonesia".

Akhirnya, dalam mendukung usaha ritel modern sertaUMKM secara menyeluruh, pada Hari Ritel Nasional ke-II tahun 2021 ini, Roy N. Mandey menyampaikan pula bahwa APRINDO siap melanjutkan sinergi dan kolaborasi yang sebelumnya telah diinisiasikan dengansejumlah kementerian dan lembaga. Antara lain denganBadan Pengawas Obat dan Makanan yang akanmenyosialisasikan penerapan sistem manajemenkeamanan pangan olahan kepada ritel modern; Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi yang akanmemperluas cakupan akses kepada anggota APRINDO; Bank Indonesia yang akan mengakselerasi kerja samadengan anggota APRINDO dalam penggunaan QRIS bagikonsumen; Pegadaian Indonesia yang akanmengakselerasi para anggota peritel APRINDO untukmemperluas fungsi agen pegadaian; serta bersamaPerikanan Nusantara yang akan mengadakan eventFestival Gudang Ikan Nusantara.(mel)

SELAMAT HARI RITEL NASIONAL 2021.