UPT SDA Keruk Kali Kebon Cau

UPT SDA Keruk Kali Kebon Cau
alat berat saat melakukan pengerukan kali di Desa Kebon Cau

TELUKNAGA | TRM

Guna mengantisipasi terjadinya banjir saat musim hujan, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Sumber Daya Air (SDA) wilayah VI pada Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (SDA) Kabupaten Tangerang, melakukan pengerukan kali di Desa Kebon Cau, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Minggu (29/11/20).

Kepala UPT SDA wilayah VI, Suhanda mengatakan, pengerukan kali tersebut merupakan salah satu upaya Pemkab Tangerang untuk mengatasi bencana banjir diwilayah Kabupaten Tangerang.

"Rencananya pengerukan kali ini, akan dilakasanakan selama enam hari. Namun kita akan lihat dulu kondisi dilapangan," kata Suhada kepada Tangerang Raya, Minggu (29/11/20).

Dia menjelaskan, pengerukan sudah dimulai terhitung sejak Jumat (27/11/20) kemarin, dengan menerjunkan satu alat berat.

"Kondisi kali memang sudah dangkal, jadi lumpurnya perlu di keruk agar aliran air tidak terhabat, terlebih saat musim hujan," jelasnya.

Untuk diketahui, memasuki musim penghujan, sejumlah wilayah di Kabupaten Tangerang berpotansi terjadinya kerawanan banjir.

Untuk itu, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar sebelumnya juga meminta agar Kadis Bina Marga untuk segera menindaklanjuti dan mengantisipati banjir.

"Kalau tidak bisa pakai alat berat mungkin dengan bantuan tenaga manusia artinya tapi kita coba meminimalisir terlebih dahulu," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga Sumber Daya Air Kabupaten,  Slamet Budi mengungkapkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat khususnya Kementerian PU-PR.

"Sesuai dengan arahan Pak Bupati Dinas Bina Marga akan melakukan upaya untuk menangani atau meminimalisir terjadinya banjir di wilayah Kabupaten Tangerang dengan berbagai macam upaya seperti normalisasi dan juga karya bhakti TNI," ujarnya.

Dia berharap, dengan usaha yang dilakukan oleh pemerintah daerah maupun pemerintah pusat bisa meminimalisir terjadinya banjir apabila curah hujan semakin meningkat.

"Saat ini kita sudah memasuki musim penghujan dan harus mewaspadai musibah banjir," pungkasnya. (srm)