289 Calhaj Asal Lebak Berangkat Pertengahan Juni

289 Calhaj Asal Lebak Berangkat Pertengahan Juni
Achmad Firdaus, Kasie Haji dan Umroh Kemenag Lebak

LEBAK | TR.CO.ID

Sebanyak 289 Calon Jamaah Haji (Calhaj) Kabupaten Lebak, tahap pertama berangkat ke Tanah Suci Mekkah, pada 17 Juni 2022 dengan kelompok terbang (Kloter) 24. Seluruh calon jemaah haji yang siap berangkat untuk melaksanakan rukun Islam kelima itu sudah memenuhi persyaratan mulai dari administrasi pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) hingga vaksin lengkap dengan tiga kali vaksinasi termasuk booster.

"Pemberangkatan Kloter 24 itu digabungkan dengan JCH dari Tangerang Selatan sebanyak 96 orang," kata Kepala Seksi Haji dan Umrah pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebak, Achmad Firdaus, Selasa (07/06/22).

Kata Achmad Firdaus, calon jemaah haji asal Lebak tersebut berangkat melalui Terminal Bandara Soekarno-Hatta Tangerang setelah istirahat di Asrama Haji Pondok Gede. Karena itu, Kemenag Lebak kini mengoptimalkan pelayanan kepada calon jamaah haji untuk segera mempersiapkan keberangkatan, karena waktu tinggal satu pekan lebih. Ia berharap, jemaah haji selamat sampai tujuan serta dalam kondisi sehat.

"Kami berharap jamaah calon haji selamat sampai tujuan dan kembali ke Tanah Air dalam kondisi sehat," ujar Achmad Firdaus.

Achmad Firdaus menerangkan, untuk  pemberangkatan jamaah calon haji tahap kedua sebanyak empat orang digabungkan dengan Kloter Sapujagat, yang notabene gabungan calon Jemaah  haji dari daerah lain.

“Untuk Kloter kedua sebanyak Empat orang akan digabungkan ke Kloter Sapujagat, yakni gabungan calon jemaah haji dari daerah lain,” tukasnya.

Untuk saat ini, lanjutnya,  masyarakat yang masuk daftar tunggu haji di Lebak sebanyak 18.000 orang dengan antrean panjang sampai 25 tahun ke depan. Bahkan kini, animo masyarakat untuk melaksanakan ibadah haji cukup tinggi, terlebih kegiatan ekonomi kembali pulih usai diterjang pandemi Covid-19.

"Kami minta warga yang masuk daftar tunggu haji agar bersabar," tuturnya.

Sementara itu, Bubun Budiana (46) warga Kabupaten Lebak mengaku dirinya merasa lega dan senang dapat melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah 17 Juni mendatang. Seharusnya kata Bubun, dirinya berangkat haji tahun 2020, namun tertunda, terkendala pandemi Covid-19.

"Kami berharap pelaksanaan ibadah haji berjalan lancar dan kembali ke Tanah Air dengan selamat," kata Bubun. (jat/dam)