60 Persen Sidang Perceraian Tak Dihadiri Tergugat

60 Persen Sidang Perceraian Tak Dihadiri Tergugat
Humas Pengadilan Agama Tigaraksa, Jainudin di Pengadilan Agama Tigaraksa

TIGARAKSA | TR.CO.ID

Humas Pengadilan Agama Tigaraksa, Jainudin mengungkapkan, dari data sidang gugatan perceraian yang ada di Pengadilan Agama Tigaraksa, hampir 60 persennya tidak dihadiri oleh tergugat.

"Karena ini sidang perdata, Pengadilan tidak bisa memaksa tergugat untuk memenuhi panggilan yang dilayangkan," kata Jainudin kepada wartawan di Pengadilan Agama Tigaraksa, Senin (07/12/20).

Ia juga membantah, jika ada putusan Pengandilan Agama yang tidak melalui proses persidangan.

"Semuanya ditempuh sesuai prosuder, termasuk proses persidangan, baru kemudian ada putusan majelis hakim," ujarnya.

Jainudin menjelaskan, terkait akta cerai bernomor 3732/AC/ 2020/PA.Tigaraksa yang diberitakan tidak melalui sidang itu salah besar.

Menurutnya, akta tersebut sah, dengan nomor perkara 3732 / PDT/2020./ PA Tigaraksa, dan pihak pengadilan sudah melayangkan dua kali panggilan ke alamat tergugat di Perumahan permata sukatani II, Blok J nomor 11 RT 02/14 Kelurahan Sukatani Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang.

"Alamat tergugat di Rajeg, perumahan Sukatani, sesuai berkas gugatan yang diajukan oleh penggugat yakni istrinya,"terang Jainudin.

Jainudin menambahkan, panggilan kepada tergugat itu dilakukan dua kali yakni tanggal (16/07/2020), karena tidak datang, kemudian pengadilan agama memangil ulang pada tanggal (28/07/2020) sementara persidangan dilakukan dua kali, yakni sidang pertama 24/07/2020 dan sidang kedua pada tanggal 07/08/2020.

"Pengadilan agama merupakan perkara perdata, dan secara hukum kami tidak bisa memaksa baik penggugat maupun tergugat untuk hadir,"tandasnya. (srm)