Sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Manajemen ASN (SIMASN)

Sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Manajemen ASN (SIMASN)

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tangerang menggelar kegiatan sosialisasi aplikasi Sistem Informasi Manajemen ASN (SIMASN), yang berlangsung selama dua hari, dari 12-13 November 2020
yang bertempat LABKOM BKPSDM Kota Tangerang, diikuti oleh Pengelola Kepegawaian di Lingkungan Sekolah Menengah Pertama Pemerintah Kota Tangerang sebanyak 50 orang, dan dibuka langsung oleh walikota Tangerang Arief R Wismansyah.

Dalam sambutannya Walikota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, Sistem Informasi Manajemen ASN ((SIMASN) adalah rangkaian informasi dan data mengenai pegawai ASN yang disusun secara sistematis, menyeluruh, dan terintegrasi dengan berbasis teknologi.

Dikatakannya, SIMASN meliputi penyusunan dan penetapan kebutuhan, pengadaan pegawai, pangkat dan jabatan, pengembangan karier, pola karier, promosi, mutasi, penilaian kinerja, penghargaan hingga disiplin pegawai yang menjadi bahan pertimbangan pimpinan dalam mengambil keputusan semua dapat diakomodir oleh SIMASN.

"Diharapkan, dengan adanya aplikasi SIMASN bisa semakin memudahkan setiap pegawai dalam melakukan pembaharuan data kepegawaian secara mandiri," katanya, baru-baru ini.

Dikatakannya lebih lanjut, SIMASN adalah rangkaian informasi dan data mengenai pegawai ASN yang disusun secara sistematis, menyeluruh, dan terintegrasi dengan berbasis teknologi.

"Untuk membentuk Profil ASN yang meliputi data personal, kualifikasi, rekam jejak jabatan, kompetensi, riwayat pengembangan kompetensi dan informasi kepegawaian lainnya dengan mengedepankan validitas data, maka diperlukan pemutakhiran data dan dokumen elektronik yang digunakan dalam berbagai layanan dalam aplikasi SIMASN," ujarnya.

"Semoga dengan adanya kegiatan ini, akan terwujud administrasi kepegawaian yang lebih terkelola dengan baik sehingga menjadikan SDM Aparatur yang lebih berkompeten dan profesional dalam tugas-tugas pelayanan publik yang prima.


Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Drs.Heryanto, M.AP menambahkan, dalam mewujudkan manejemen ASN yang baik, BKPSDM Kota Tangerang selaku badan yang memiliki kewenangan dalam upaya pengembangan Sistem Informasi Manajemen Aparatur Negeri Sipil dengan menyelenggarakan pemutakhiran dokumen elektronik pegawai.

"Kita semua berharap agar berbagai upaya dan langkah yang telah dijalankan bisa bermanfaat untuk mendorong pengembangan karier para pegawai," katanya.

Sementara itu, Heryanto melanjutkan, tujuan acara sosialisasi SIMASN dan Peremajaan Dokumen Elektronik pegawai  adalah memperbarui data dan dokumen pegawai yang belum diinput dan diperbarui pada aplikasi SIMASN. (adv)