Al Muktabar Jadi

Al Muktabar Jadi
Al Muktabar saat dilantik jadi Sekda Banten

HEBOH
MUKTABAR
GUBERNUR

 

BANTEN | TR.CO.ID

Sekertaris Daerah Banten Al Muktabar dipilih untuk menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Banten. Kepastian itu disampaikan Kepala Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial (Pem-Kesos) Provinsi Banten, Gunawa Rusminto. "Insya Allah, Pak Sekda (Al Muktabar) sebagai Pj-nya," papar Gunawan saat dikonfirmasi Tangerang Raya melalui pesan WhatsApp, Rabu (11/5).

Menurut Gunawan, Surat Keputusan (SK) pengangkatan Pj Gubernur Banten akan diberikan usai pelantikan yang direncanakan digelar pada Kamis (12/5/2022), di Ruang Sasana Bhakti Praja Gedung C Lantai 3 Kemendagri, Jakarta. "Setelah dilantik nanti diserahkan (SK)," ujar Gunawan.

"Setelah dilantik nanti diserahkan (SK)," papar Gunawan. Dalam tiga surat undangan pelantikan yang diperoleh Kompas.com, Gubernur Banten Wahidin Halim bersama Wakilnya Andika Hazrumy diundang untuk menghadiri proses pelantikan.

Selain itu, Kapolda Banten, Ketua DPRD Banten, Kepala Kejaksaan Tinggi Banten, Ketua Pengadilan Tinggi Banten, Sekda Banten, Danrem 064 Maulana Yusuf dan Danrem 052 Wijaya Krama pun diundang. 

Undangan itu ditandatangani dan dicap basah Menteri Dalam Negeri melalui Sekretaris Jendral Kementerian Dalam Negeri, Suhajar Diantoro. 

Sebagaimana diketahui, pelantikan pj gubernur sedianya dilakukan oleh Presiden Joko Widodo. Namun, saat ini Kepala Negara sedang dalam kunjungan ke Washington DC, Amerika Serikat untuk menghadiri KTT Khusus ASEAN-Amerika Serikat.

"Yang melantik Mendagri," kata Heru saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (11/5/2022). Agenda pelantikan tersebut juga dibenarkan oleh Staf Khusus Mendagri, Kastorius Sinaga. Menurutnya, lima orang pj gubernur akan dilantik pada Kamis oleh Mendagri Tito Karnavian. "Iya benar (lima pj gubernur). Rencana besok Kamis (dilantik Mendagri)," paparnya.

Untuk diketahui, masa jabatan Gubernur Banten Wahidin Halim dan Wakilnya Andika Hazrumy berakhir pada tanggal 12 Mei 2022. Untuk mengisi kekosongan jabatan kepala daerah, Presiden Joko Widodo melalui Menteri Dalam Negeri menunjuk penjabat untuk memimpin roda pemerintahan hingga pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.(kps/hel)