ANBK SDN Julang Dimonitor Pengawas

ANBK SDN Julang Dimonitor Pengawas

SERANG | TR.CO.ID

Pelaksanaan Asesemen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di SDN Julang, Senin (15/11) berlangsung sesuai dengan Prosedur Operasional Standar (POS) dan dimonitor oleh Pengawas.

Kepala UPT SDN Julang, Nurbanudin melalui proktor, Bambang Sujatmoko dan teknisi M. Isya Wahid mengatakan, sebanyak 6 sekolah dasar negeri yang mengikuti Asesmen nasional di SDN Julang sebagai sekolah induk. 5 Sekolah Dasar Negeri lainnya yakni SDN Nambo Udik 2, SDN Kukun, SDN Kayu Areng, SDN Gorda 2 dan SDN Sumurhejo masih menumpang di sekolah ini. Teknis Penyelenggaraan ANBK dibagi menjadi tiga gelombang dimana setiap gelombangnya diikuti dua sekolah dasar. 

Ia menjelaskan untuk Gelombang pertama, hari Senin - Selasa (15-16/11) jadwalnya siswa siswi SDN Julang dan SDN Nambo Udik 2. Untuk Gelombang kedua, Rabu-Kamis (16-17/11) SDN Kukun dan SDN Kayu Areng. Sedangkan gelombang ketiga,  22-23 November 2021 jadwalnya SDN Sumur Hejo dan SDN Gorda 2.

Sementara itu, Pengawas SD Disdik Kecamatan Cikande, Ngaja, S.Pd menambahkan lokasi pelaksanaan asesmen nasional sekolah dasar di lingkup Disdikbud kecamatan Cikande tahun 2021 dibagi 6 titik yakni SDN Julang, SDN Cikande Permai, SDN Cikande 1, SDN Parigi, SDN Songgom Jaya dan SDIT Syifa fikriya. 

Subtansi ANBK, kata Ngaja, untuk peserta didik kelas 5, jumlah siswa tiap sekolah maksimal 30 anak dan cadangan 5 anak. 

"Materi untuk siswa yakni literasi, numerasi, survei karakter dan survei lingkungan," jelas Ngaja.
Sedangkan materi untuk kepala sekolah dan guru baik PNS maupun non PNS yang sudah terdaftar di dapodik (Data pokok peserta didik) wajib mengikuti survei lingkungan belajar. (mu/dam)