Benyamin-Pilar Menangi Pilkada Tangsel

Benyamin-Pilar Menangi Pilkada Tangsel
Pasangan Benyamin-Pilar.

Hasil Rekapitulasi KPU

TANGSEL | TR.CO.ID
Hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan pada Pilkada serantak tahun 2020, pasangan calon nomor urut tiga Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan, unggul dari kedua lawannya.
KPU Tangsel menetapkan hasil resmi pemilihan walikota dan wakil walikota pada Pilkada 2020, dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kota yang diselenggarakan di Hotel Grand Zuri, Tangerang Selatan, Kamis (17/12) lalu.


"Kami mulai rapat pleno Rabu (16/12) dan hari ini kami sudah menentukan perolehan hasil dari rapat terbuka rekapitulasi pemilihan walikota dan wakil walikota Tangsel 2020," ujar Plt Ketua KPU Tangsel M Taufik MZ kepada wartawan.
Menurut Taufik, dari total 594.711 suara dari 2.963 TPS di Tangsel yang telah direkapitulasi, pasangan Benyamin-Pilar mendapat perolehan tertinggi dengan 235.734 suara. Benyamin-Pilar beat dua rivalnya.


Pasangan calon nomor urut satu Muhamad-Rahayu Saraswati Djojohadikusumo (Sara) memperoleh 205.309 suara. Sementara itu, pasangan calon nomor urut dua Siti Nur Azizah-Ruhamaben mendapatkan 134.682 suara.
Tingkat Partisipasi pemilih pada Pilkada Tangsel 2020 mencapai 60,48 persen, meningkat 3,52 persen dibandingkan kontestasi pada 2015 sebesar 57 persen.
Taufik mengatakan, saksi dari pasangan calon nomor urut dua dan tiga menerima dan menandatangani hasil rekapitulasi tersebut.


Sementara itu, pasangan calon nomor urut satu menolak lantaran masih ada masalah administrasi dalam proses rekapitulasi. "Tentu itu hak ya, meskipun bahwa proses itu, penandatanganan itu, tidak mempengaruhi keabsahan berita acara," ucapnya.
Seperti diketahui, Pilkada Tangsel 2020 menjadi persaingan persaingan tiga calon dari keluarga elit politik. Pasangan Muhamad-Sara mengusung PDI-P, Gerindra, PSI, PAN, dan Hanura dengan total 23 kursi di DPRD Tangsel. Mereka juga didukung empat partai tanpa kursi di DPRD Tangsel, yakni Nasdem, Perindo, Garuda, dan Berkarya.


Muhamad keberadaan mantan sekretaris daerah (sekda) Tangsel yang mengundurkan diri seiring pencalonan dirinya pada Pilkada 2020. Sementara itu, Sara atau Rahayu Saraswati Djojohadikusumo merupakan politisi Partai Gerindra sekaligus keponakan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.


Pasangan Siti Nur Azizah dan Ruhamaben mengusung Partai Demokrat, PKS, dan PKB dengan total 17 kursi di DPRD Tangsel. Azizah merupakan putri keempat dari Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin. Azizah kini berubah sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, sedangkan Ruhamaben merupakan kader PKS dan mantan direktur keuangan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Tangsel PT PITS.


Pasangan Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan mengusung Partai Golkar dengan total 10 kursi. Mereka juga didukung tiga partai tanpa kursi, yakni PPP, PBB dan Gelora.


Benyamin merupakan petahana Wakil Walikota Tangsel, sedangkan Pilar adalah anak Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, adik dari Mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah. (dam/jojo)