Bupati Zaki Khawatir Lonjakan Covid-19 Akhir Tahun

Bupati Zaki Khawatir Lonjakan Covid-19 Akhir Tahun
ISTIMEWA

Rumah Sakit Hampir Penuh

TANGERANG | TR.CO.ID
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengeluarkan empat langkah untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 pasca libur Natal dan Tahun Baru. Himbauan kepada Pimpinan rumah sakit, Kepala Puskesmas, dan camat se-Kabupaten Tangerang agar konsisten melaksanakan sehingga penyebaran virus yang mematikan ini tidak meluas.

Zaki mengucapkan hal itu ketika memimpin rapat koordinasi virtual penyebaran Covid-19  di Ruang Rapat Cituis, Selasa (22/12/2020). Rakor virtual mengundang pihak rumah sakit daerah dan swasta, Puskesmas dan camat se-Kabupaten Tangerang.

Selama libur Natal dan Tahun Baru masyarakat dihimbau untuk tidak liburan ke wilayah yang tingkat penyebaran Covid-19 tinggi dan mengutamakan untuk jangan mudik. Tidak mengadakan kegiatan rapat atau kegiatan berkumpul lebih dari 30 orang dan menunda pelonggaran terhadap beberapa usaha pariwisata dikarenakan kondisi kasus Covid-19 masih rentan.

"Ruang perawatan rumah sakit semuanya dalam kondisi mendekati penuh hendaknya menjadi perhatian para direktur rumah sakit, Kepala Puskesmas dan juga kita semua. Apabila ditemukan pasien Covid-19 yang memiliki gejala dan juga penyakit bawaan yang membutuhkan rumah sakit wajib memiliki database karena saat ini dalam kondisi antrean," jelas Zaki.

Untuk itu sudah menjadi tugas dan kewajiban para camat dan Kepala Puskesmas apabila masyarakat yang isolasi mandiri reguler dipantau hingga sembuh, kata Zaki

Sementara itu, Hery Haryanto sebagai Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Tangerang menyatakan berapa bulan terahir Kabupaten Tangerang berada pada zona Orange. Mudah-mudahan adanya libur Natal dan Tahun Baru tidak ada lonjakan.

"Hari ini, kita mengadakan evaluasi secara keseluruhan, dan juga kapasitas dari rumah sakit dan Hotel Singgah Yasmin serta program yang sudah disiapkan untuk merespon liburan panjang Natal dan tahun baru," pungkasnya. (fuad)