Cegah Penyebaran Covid-19 di Pasar, Perumda Pasar NKR: Prokes Sudah Diperketat

Cegah Penyebaran Covid-19 di Pasar, Perumda Pasar NKR: Prokes Sudah Diperketat
Direktur Operasi Perumda Pasar Niaga Kerta Raharja, Kabupaten Tangerang, H Ashari Asmat saat mendampingi Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar bersama Danrem 052/Wijayakrama Brigjen TNI Purwito Hadi Wardhono saat menggelar operasi yustisi dan gebrak di Pasar Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang

KELAPA DUA | TR.CO.ID

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, bersama TNI, Polri dan seluruh Stakeholder terkait, secara masif terus melakukan upaya pencegahan penularan Covid-19, diantaranya dengan menggelar operasi yustisi protokol kesehatan (Prokes) dan gebrak masker.

Selain menggelar operasi yustisi protokol kesehatan bagi pengguna jalan, petugas gabungan juga menyasar tempat-tempat keramaian seperti Cafe, Mall dan Pasar Tradisional yang ada di Kabupaten Tangerang.

"Kegiatan gebrak masker ini dalam rangka menekan angka penularan Covid-19 walaupun dalam hal peningkatan kasus 2-3 hari terakhir ini sudah mengalami penurunan yang signifikan tetapi tetap kita harus melakukan kampanye protokol kesehatan 4 M untuk masyarakat dan harus tetap waspada dan yang paling penting adalah bagaimana masyarakat ini bisa memahami situasi dan kondisi di tengah pandemi ini," Kata Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat menggelar operasi yustisi dan gebrak masker kepada pedagang dan pembeli di Pasar Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Jumat (5/2/21).

Bupati mengungkapkan, bahwa ruang ICU di Kabupaten Tangerang sudah hampir semuanya penuh dan penularan juga masih terjadi.

Oleh karena itu, tambah Bupati, kita semua harus waspada dan patuhi protokol kesehatan 4M agar terhindar dari Covid-19.

Direktur operasi (Dir.Ops) Perumda Pasar Niaga Kerta Raharja (NKR), Kabupaten Tangerang, H Ashari Asmat menegaskan, pihaknya telah melakukan pengawasan protokol kesehetan (Prokes) secara ketat diseluruh pasar yang ada di wilayah Kabupaten Tangerang.

Bahkan, lanjut Ashari, Perumda Pasar NKR juga telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 yang ditugaskan secara khusus untuk memberikan edukasi, imbauan dan pengawasan protokol kesehatan di lingkungan pasar.

Perumda Pasar NKR, tambah Ashari, juga rutin membagikan masker dan penyemprotan disinfektan pada malam hari saat kondisi pasar dalam keadaan sepi.

"Intinya kami sudah memperketat protokol kesehatan di seluruh pasar yang ada di Kabupaten Tangerang yang sudah dilakukan sejak adanya Pandemi ini, dan kami juga rutin memberikan imbauan kepada para pedagang dan pembeli, di setiap pasar juga telah disiapkan tempat cuci tangan" jelas Ashari.
  

Sementara itu, Danrem 052/Wijayakrama Brigjen TNI Purwito Hadi Wardhono menambahkan, pencegahan Covid-19 merupakan tugas bersama dan bukan hanya aparat, tetapi juga masyarakat.

"Bagaimanapun sistem dibuat aturan dibuat kalau tidak ada kerja sama antara masyarakat dan pemerintah, maka tidak akan efektif," tegas Danrem.


Ia berharap masyarakat bisa patuh untuk selalu menerapkan protokol kesehatan 4 M agar terhindar dari paparan Covid-19.

"Kalau bukan kita yang menjaga diri dan keluarga siapa lagi," Pintanya.


Untuk diketahui, operasi yustisi dan gebrak masker dengan membagi-bagikan masker kepada pedagang dan pembeli di Pasar Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, dipimpin langsung oleh Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dan Danrem 052/Wijayakrama Brigjen TNI Purwito Hadi Wardhono dengan didampingi Dandim dan Kapolres Tangerang Selatan, Camat Kelapa Dua dan Direktur operasi Perumda Pasar Niaga Kerta Raharja, Kabupaten Tangerang. (iyo)