Dapil lll, Dapil 'Neraka' Pileg 2024 Pendatang Baru Bakal Melawan

Dapil lll, Dapil 'Neraka' Pileg 2024 Pendatang Baru Bakal Melawan
Efendi Politisi Partai NasDem (Kiri). M.Yasin Politisi PKS (Kanan)

TANGERANG | TR.CO.ID

Perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif akan di helat pada 2024 mendatang, walau masih terbilang cukup jauh namun aroma politik sudah mulai terasa, salah satu diantaranya di kota berjuluk seribu industri. Pun sejumlah Partai Politik (Parpol) sudah ramai mempersiapkan Bakal Calon Anggota Dewan (BCAD) di Pileg kabupaten Tangerang 2024, meski saat ini belum diumumkan ke publik siapa sosok yang akan di utus dari masing - masing parpol.

Seperti diketahui, jumlah perolehan kursi partai politik untuk DPRD Kabupaten Tangerang pada Pemilu legislatif 2019 lalu yakni, PDIP 8 Kursi, Gerindra 7 Kursi, Golkar 6 Kursi, PKS 6 Kursi, PPP 6 Kursi, Demokrat 6 Kursi, PKB 4 Kursi, PAN 4 Kursi, NasDem 2 Kursi dan Hanura 1 Kursi.  Yang terbagi dalam 6 Daerah Pemilihan (Dapil) di kabupaten Tangerang.

Sementara Dapil lll yakni Kecamatan Sepatan, Sepatan Timur, Pakuhaji, Teluknaga dan Kosambi tercatat sebagai salah satu "Dapil Neraka" ketimbang zona lainnya. Pasalnya dapil yang memperebutkan 9 kursi ini dihuni oleh para incumbent. Sebut saja ada Ketua DPRD Kabupaten Tangerang H. Kholid Ismail (PDIP), kemudian H. Ahmad Baidowi (PKB).

Menyusul kemudian ada H. Dahlan (Gerindra), Jayusman (Gerindra), H. Hermawan Atmaja (Golkar), Chris Indra Wijaya (NasDem), Sapri (PKS), disusul Ahmad Syarif Hidayatulloh (PPP) dan Cahyo Sujana Ubay (Demokrat). 

Dari ke 9 Incumbent ini meski belum diketahui secara pasti akan "bertarung" kembali atau tidaknya pada Pileg 2024 namun hampir dapat dipastikan ke 9 Incumbent tersebut akan kembali meramaikan bursa pencalonan Anggota DPRD Kabupaten Tangerang mendatang. 

Terpisah, Efendi yang tercatat sebagai warga Dapil lll menyatakan kesiapannya berkontribusi pada ajang politik untuk meramaikan bursa pencalonan legislatif kabupaten Tangerang 2024 dari Partai NasDem.

"Saya siap ikut berkompetisi sebagai bakal calon legislatif 2024. Walau pun seperti kita ketahui,  kita akan berkompetisi dengan para incumbent, para Dewan - dewan kita yang sudah berhasil menjadi dewan. Karna itu proses demokrasi yang harus kita jalankan dengan kita berkompetisi di dapil kita sendiri mau pun di internal partai sendiri," ujarnya kepada Harian Tangerang Raya, Minggu (29/5/22).

Efendi yang juga menjabat Ketua Korda Partai NasDem Kabupaten Tangerang itu menambahkan, sebagai pendatang baru bakal calon legislatif pihaknya sudah mempersiapkan semangat keberanian dan siap berkompetisi dengan para dewan incumbent.

"Terkait persiapan, masih santai saja tidak menerobos terlalu jauh. Ya saat ini langkah pertama dengan memperbanyak silaturahmi dengan temen - temen lama maupun temen yang baru, mudah mudah awal dari berteman bisa mendapat simpati dan dukungan darinya," beber pengusaha muda ini.

Selain itu, Efendi pun mengapresiasi kepada temen - temen semua, baik yang pemula yang punya semangat dan keberanian untuk ikut berkompetisi dalam pileg mendatang melalui partai politik nya masing masing.

"Tentu kami sangat mengapresiasi dan berharap khusus nya kecamatan Teluknaga dan kebetulan saya juga putra asli Teluknaga, berharap tetap konsisten dalam memperjuangkan Aspirasi masyarakat Teluknaga bila terpilih nanti," paparnya.

Senada dengan Efendi , M. Yasin mantan kepala Desa Muara, kecamatan Teluknaga juga menyatakan kesiapan nya maju Pileg 2024 bila saja Parpol sebagai "Kendaraan politiknya" merestui untuk ikut kontestasi Pileg.

"Sejauh ini SK BCAD nya belum turun. Tapi saya siap nyalon bila Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengintruksikan," ungkapnya.

Menurut Yasin, Dapil lll merupakan dapil yang penuh dengan para incumbent, meski begitu pihaknya optimis dapat meraih suara sesuai harapan, berkomitmen akan mendongkrak suara Partai. Sebagai gambaran suara dari keluarga besar, jaringan dan lainnya yang sudah terbentuk.

"Kalau partai sudah memberikan amanah Insya Allah saya siap "perang tanding" di Pileg. Nah kalau perangkan harus ada lawanya. Karna masing - masing kan punya masa,  punya jaringan, punya keluarga besar," imbuhnya.

"Insya Allah di 5 kecamatan di Dapil lll  terisi semua. Target suara aman kan 20 ribu setengah amankan 12 ribu, udah saya mah target Insya Allah 10 ribu," demikian Yasin. (dam/hel)