Disnaker Kabupaten Tangerang Fasilitasi Pelatihan, bagi Calon Tenaga Kerja Luar Negeri

Rabu, 10 Juli 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

KAB. TANGERANG | TR.CO.ID

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang terus berupaya memfasilitasi pelatihan bagi masyarakat yang ingin bekerja di luar negeri.

Kepala Disnaker Kabupaten Tangerang, Rudi Hartono, mengungkapkan bahwa pihaknya telah berhasil menyelenggarakan pelatihan bahasa dan budaya Jepang bagi calon tenaga kerja.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Alhamdulillah, hari ini hasil pelatihan bahasa dan budaya Jepang telah membuahkan hasil. Beberapa peserta telah mendapatkan perusahaan di Jepang,” ujar Rudi Hartono kemarin.

Selain pelatihan bahasa dan budaya Jepang, Disnaker Kabupaten Tangerang juga menawarkan pelatihan bahasa Korea, Mandarin, dan Inggris yang dapat diikuti oleh masyarakat Kabupaten Tangerang.

Rudi Hartono menegaskan pentingnya pelatihan ini untuk mempersiapkan calon tenaga kerja dalam menghadapi tantangan di negara tujuan.

“Masyarakat Kabupaten Tangerang yang ingin bekerja di negara-negara tersebut bisa mengikuti pelatihan bahasa dan budaya yang kami fasilitasi,” tambahnya.

Baca Juga:  Kerja Bakti Massal Dimulai dari Kecamatan Cibodas, Serta Road Show Pembangunan

Disnaker Kabupaten Tangerang juga berupaya mengurangi angka pengangguran dengan menyediakan pelatihan kerja di Balai Latihan Kerja (BLK). Pelatihan ini mencakup pelatihan berbasis kompetensi untuk industri serta pelatihan berbasis masyarakat untuk dunia usaha.

Bukan hanya pelatihan bahasa saja, kami juga mengadakan pelatihan-pelatihan lain yang bisa diikuti oleh masyarakat Kabupaten Tangerang, tutur Rudi Hartono.

Pada hari yang sama, Disnaker Kabupaten Tangerang mengadakan pengarahan dan pelepasan tenaga kerja ke Jepang di Ruang Wareng, Gedung Bupati. Acara ini dihadiri dan dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Moch Maesyal Rasyid.

Dalam anggaran perubahan Tahun 2023, Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang telah melaksanakan pelatihan bahasa dan budaya Jepang kepada 20 orang warga Kabupaten Tangerang.

Dari jumlah tersebut, satu orang telah diberangkatkan bekerja ke Jepang pada 28 April 2024, dua orang akan diberangkatkan pada 22 Juli 2024, sementara sepuluh orang sedang menunggu jadwal keberangkatan tahun ini. Tujuh orang lainnya sedang dalam proses wawancara dengan perusahaan Jepang. Pada Tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Tangerang memberikan pelatihan bahasa dan budaya Jepang kepada 16 orang masyarakat Kabupaten Tangerang.

Baca Juga:  OPD Diminta Monitoring dan Evaluasi Kegiatan 2023 dan 2024

Rudi Hartono berpesan kepada para calon tenaga kerja yang akan berangkat ke Jepang agar menjaga kesehatan, fisik, dan mental. Ia juga menekankan pentingnya bekerja dengan baik dan menjaga nama baik daerah asal.

Meisya, salah satu peserta yang akan berangkat ke Jepang, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang atas kesempatan yang diberikan untuk belajar bahasa dan budaya Jepang.

“Untuk teman-teman saya yang masih berjuang untuk bisa bekerja di luar negeri, tetap semangat dan pantang menyerah,” tuturnya.

Bagi masyarakat Kabupaten Tangerang yang ingin mengikuti pelatihan ini, informasi lebih lanjut dapat diperoleh melalui Instagram @dnaker_tangkab dan website siapkerja.tangerangkab.go.id. (dam/ris)

Berita Terkait

Kejari dan RSUD Pakuhaji Operasi Mata Katarak Gratis
Jangan Ada Bullying dan Perundungan Saat MPLS
Pj Walikota Sidak Pasar Induk Jatiuwung, Cek Harga dan Pasokan Pangan
Guyon Waton Bakal Guncang Kota Tangerang, Acara Digifest Vol 2
Arief Borong Beras Petani untuk Warga Pakuhaji
Komisi I Tanggapi Insiden Penembakan Capres Donald Trump: Kekerasan Politik Tak Dapat Ditoleransi
Petani Serahkan Lahan Untuk Puspem Cilangkahan
Ribuan Masyarakat Ikuti Jalan Sarungan 2024
Berita ini 5 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 15 Juli 2024 - 12:23 WIB

Kejari dan RSUD Pakuhaji Operasi Mata Katarak Gratis

Senin, 15 Juli 2024 - 10:55 WIB

Jangan Ada Bullying dan Perundungan Saat MPLS

Senin, 15 Juli 2024 - 10:51 WIB

Pj Walikota Sidak Pasar Induk Jatiuwung, Cek Harga dan Pasokan Pangan

Senin, 15 Juli 2024 - 10:46 WIB

Guyon Waton Bakal Guncang Kota Tangerang, Acara Digifest Vol 2

Senin, 15 Juli 2024 - 10:42 WIB

Arief Borong Beras Petani untuk Warga Pakuhaji

Berita Terbaru

Selebritis

Nagita Slavina Pelihara Banyak Kucing

Senin, 15 Jul 2024 - 12:27 WIB

Daerah

Bocah Tenggelam di Kali Pondok Jaya Ditemukan

Senin, 15 Jul 2024 - 12:25 WIB

Daerah

Kejari dan RSUD Pakuhaji Operasi Mata Katarak Gratis

Senin, 15 Jul 2024 - 12:23 WIB

Hukum & Kriminal

Bandar Judi Online Tiga Bulan Raup 200 Miliar

Senin, 15 Jul 2024 - 11:31 WIB