DLH Tangsel Antisipasi Sampah Musim Penghujan

DLH Tangsel Antisipasi Sampah Musim Penghujan
Kepala Seksi Pengelolaan Sampah DLH Kota Tangsel, Rastra Yudhatama

TANGSEL | TR.CO.ID

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemerintah kota tangerang selatan (Tangsel) memastikan akan fokus melakukan pengendalian sampah memasuki musim hujan diakhir tahun 2021 ini, Hal itu disampaikan oleh Kepala Seksi Pengelolaan Sampah DLH Kota Tangsel, Rastra Yudhatama, Kepada Awak media Tangerang Raya rabu (27/10)

Berkaitan pada bidang Seksi Pengelolaan Sampah, Rastra Yudhatama, menegaskan, Petugas kami, selalu siaga dalam 24 jam secara bergiliran, mengantisipasi tumpukan sampah disaluran agar lingkungan Tangerang Selatan terbebas dari banjir  

"Sudah dari jauh hari pemetaan lokasi - lokasi yang diidentifikasi rawan terjadi timbunan sampah dan penyumbatan pada kali dan anak sungai Cisadane langsung diatasi," tutur Yudhatama

Menurut Yudhatama, Memasuki musim penghujan tentunya kita meningkatkan intensitas, untuk mengantisipasi terjadinya banjir, lalu dikerahkan petugas bidang Seksi Pengelolaan Sampah melakukan pemantauan dan monitoring ke titik-titik yang rawan penyumbatan sampah.

“Butuh kerja sama dari masyarakat terutama Menjelang musim hujan agar membuang sampah pada tempat nya, untuk itu kita lebih intenskan.juga pembersihan saluran air. Khususnya di wilayah Parigi dan wilayah Ciputat,”imbuh  Yudha.

Ia juga menjelaskan, pihaknya juga akan kembali memasang alat - alat penyaring sampah atau trash booms di dua sungai yang ada di lingkungan kecamatan Ciputat.

“Alat Penyaring sampah akan terpasang, dalam waktu dekat ini, kita juga akan memasang trash booms atau disebut kubus apung,  rencananya dua lokasi yaitu Ciputat baru dan Ciputat, "Deangan adanya alat Trash booms itukan, fungsinya untuk menyaring dan memfilter sampah di sungai-sungai,”tutup nya

Sementara informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan mengalami peningkatan curah hujan diakhir tahun 2021.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Klimatologi Tangsel, Yanuah Henry, menghimbau masyarakat Tangsel untuk mewaspadai potensi banjir.

“Potensi banjir wilayah Tangerang Selatan pada bulan Oktober diprakirakan pada umumnya memiliki potensi banjir rendah. Akan tetapi terdapat potensi banjir menengah, hal itu disampaikan oleh BMKG, melalui Yanuah Henry. (Man/Hel)