Garuda Muda Harus Fokus

Garuda Muda Harus Fokus
SEA Games 2021, Indonesia Vs Thailand
Garuda Muda Harus Fokus
Garuda Muda Harus Fokus

TR.CO.ID
Perjuangan Timnas Indonesia U-23 merebut medali emas di SEA Games 2021 akan mendapatkan tantangan berat dari Timnas Thailand U-23. Berikut prediksi Indonesia vs Thailand di semifinal SEA Games 2022, Kamis (19/5) sore.

Timnas Indonesia melaju ke semifinal SEA Games 2021 dengan status runner up grup A. Asa Garuda Muda lolos ke semifinal sebagai juara grup akhirnya gagal setelah di Vietnam mengalahkan Timor Leste 2-0 di laga terakhir penyisihan grup.

Indonesia sendiri sebelum duel Vietnam vs Timor Leste berada di puncak klasemen grup A dan memastikan lolos ke semifinal SEA Games 2021 dengan mengalahkan Myanmar 3-1. Tiga gol kemenangan Indonesia dicetak oleh Egy Maulana, Witan Sulaeman, dan Marselino. Sedangkan balasan Myanmar dicetak Win Naing Tun.

Dengan kemenangan Indonesia dan Vietnam, Garuda Muda akhirnya harus puas di peringkat kedua grup A dengan raihan 9 poin hasil dari empat pertandingan penyisihan grup. Sebagai runner-up grup A, tim asuhan Shin Tae-yong pun harus menghadapi Thailand yang menjadi juara grup A SEA Games.

Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong mengatakan bahwa timnya punya peluang untuk mengalahkan Thailand. Syaratnya, Garuda Muda harus fokus pada pertandingan.

"Untuk lawan Thailand kami memang harus benar-benar fokus pada pertandingan karena Thailand ini salah satu tim terbaik di Asia Tenggara," ungkap Shin Tae-yong di situs resmi PSSI.

Persiapan terus dilakukan oleh Shin Tae-yong jelang semifinal Indonesia vs Thailand ini. Namun Indonesia harus rela tak bisa diperkuat Asnawi Mangkualam. Namun, kabar baiknya Saddil Ramdani akan tiba di Nam Dinh dan gabung tim lagi.

"Jadi untuk Asnawi tidak bisa dimainkan karena akumulasi kartu kuning dan untuk Saddil besok (hari ini-red) akan sampai di Vietnam. Jadi kami akan lihat dulu kondisi pemain tersebut seperti apa dan nanti akan dipikirkan dimainkan atau tidak," terangnya.

Sedangkan pelatih Thailand, Alexandre Polking, merendah jelang duel semifinal SEA Games 2021 melawan Timnas Indonesia U-23, Kamis (19/5/2022). Menurut Polking, pemainnya kalah secara pengalaman dari skuad Garuda Muda.

Penilaian itu diungkapkan Alexandre Polking setelah mengacu pada pemain kedua tim. Menurut Polking, pemain Timnas Indonesia U-23 lebih berpengalaman karena mayoritas pernah bermain di Piala AFF 2020 senior.

Thailand dan Timnas Indonesia U-23 memiliki perbedaan besar. Kebanyakan pemain Indonesia sudah bermain di Piala AFF 2022, sedangkan Thailand hanya memiliki Weerathep Pomphan," kata Alexandre Polking seperti dikutip Zing.

Alexandre Polking juga menyebut, skuad Thailand yang berlaga di SEA Games 2021 banyak dihuni pemain baru yang masih muda. Pelatih asal Brasil itu menyebut, mayoritas pemainnya punya pengalaman yang minim.

"Sebagian besar pemain saya memiliki sedikit pengalaman. Banyak pemain baru yang berusia 19 dan 20 tahun," tegas Polking.

Polking, menyambut antusias duel semifinal SEA Games 2021 melawan Timnas Indonesia U-23, Kamis (19/5/2022). Polking mengaku, akan menyiapkan strategi khusus untuk mengalahkan Timnas U-23.

"Penting bagi Thailand untuk memiliki kekuatan yang tangguh. Kami akan memainkan permainan yang bagus untuk menang karena ingin bermain di final," kata Alexandre Polking.

"Saya akan terus memainkan gaya sendiri. Saya memprediksi itu akan menjadi pertandingan yang menarik dan luar biasa. Saya juga telah menyiapkan taktik spesial untuk bermain melawan Timnas Indonesia U-23," ucap pelatih asal Brasil itu.(bl/hel)