Halimah : Hari Ibu Mengalami Distorsi

Halimah : Hari Ibu Mengalami Distorsi
Halima, Dosen Hukum Perlindungan Perempuan dan Anak Fakultas Hukum Universitas Pamulang

PAMULANG | TR.CO.ID

Jatuh pada tanggal 22 Desember setiap tahunnya diperingati sebagai hari Ibu. Namun sayangnya pemaknaan Hari Ibu kini mengalami distorsi. Hari Ibu lebih tepat disebut Hari Perempuan.

Hal tersebut mengingat yang diperjuangkan perempuan waktu Kongres Pertama atau Sumpah Pemuda 1928 adalah perbaikan kedudukannya umum, bukan kedudukan perempuan secara pribadi-pribadi," kata Dosen Hukum Perlindungan Perempuan dan Anak Fakultas Hukum Universitas Pamulang (Rabu, 22/12/ 2021)

Menurut Halimah, istilah Hari Ibu mengakibatkan peran perempuan terbatas sebagai individu. Seorang ibu diangkat paling penting, bukan peran perempuan sebagai pejuang kepentingan kaumnya.

"Peran perempuan dalam arti yang lebih luas seperti memperjuangkan akses anak perempuan pada pendidikan, hak untuk menikah tanpa paksaan, dan bebas dari kekerasan. Penggunaan istilah itu juga menitikberatkan perempuan sebagai individu dalam perannya sebagai seorang Ibu, "ujar Halimah menambahkan.

Halimah mengemukakan, publik sudah terlanjur mengenal 22 Desember sebagai Hari Ibu. Momentum Hari Ibu harus dimaknai sebagai penghormatan perempuan. Solusi alternatif dari hal itu, publik tidak menjadikan Hari Ibu untuk mendistorsi perempuan.

Dalam konteks kekinian, perjuangan perempuan difokuskan pada pengurangan angka kematian ibu, penghapusan kekerasan terhadap perempuan dan anak seperti kekerasan dalam rumah tangga, kekerasan seksual dan kekerasan negara melalui kebijakan-kebijakan yang mendiskriminasikan perempuan, "pungkas nya.

Berkaitan Hari Ibu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan, dr Alin Hendarlin juga mengingatkan, pada hari ibu yang jatuh pada tanggal 22/12/2021 ini, mari kita ingatkan bersama, para ibu agar menjaga pola hidup sehat dan tetap konsisten Prokes.

"untuk para ibu khusus nya warga Tangsel harus tetap waspada, konsisten prokes, pola hidup sehat, segera vaksin yang belum vaksin, Selamat Hari Ibu tahun 2021, "kata Sosok ibu Berhijab itu melalui pesan singkat Whatsapp 
(man/wan)