INDOGROSIR Cikokol Diduga Tak Ada Amdal Lalin

INDOGROSIR Cikokol Diduga Tak Ada Amdal Lalin

TANGERANG | TR.CO.ID
Pembangunan proyek Supermarket Indogrosir (Indomarco) dijalan MH. THAMRIN Kecamatan Cikokol Kota Tangerang diduga tidak memiliki izin Amdal Andalalin Provinsi.

Pemerintah menggabungkan dokumen analisis dampak lalu lintas (ANDALALIN) dengan analisis dampak lingkungan (AMDAL) dalam syarat untuk memperoleh izin usaha dan izin pembangunan pusat kegiatan, permukiman dan infrastruktur yang akan menimbulkan gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas. Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah nomor 30 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Kemudian dalam Pasal 7 beleid tersebut dijelaskan bahwa hasil ANDALALIN harus mendapat persetujuan dari menteri untuk jalan nasional, gubernur untuk jalan provinsi, bupati untuk jalan kabupaten dan/atau jalan desa, atau walikota untuk jalan kota.

Telah dikabarkan di beberapa media bahwa ketika pengurusan Amdal pun bermasalah. Pembuatan Amdal Pembangunan proyek Supermarket Indogrosir (Indomarco) dijalan MH. THAMRIN rt 001 rw 002 Cikokol Kota Tangerang, tidak sesuai dan menyalahi aturan yang berakibat merugikan masyarakat pada beberapa bulan yang lalu.

"Saya ga bisa komentar apa-apa karena menurut zonasi Indomarco itu aturannya urus Amdal lalin ke Provinsi, bukan wilayahnya Kota. Koordinasi langsung ke Dishub Provinsi aja," ujar Wahyudi, Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang menjelaskan ketika diberi pertanyaan terkait izin Amdal lalin Indogrosir Cikokol, Selasa (16/11/21).

Namun, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Banten Tri Nurtopo menyatakan belum bisa memberikan statement terkait pembangunan Indo Grosir Cikokol yang diduga belum memiliki izin Amdal Andalalin provinsi banten ketika dimintai keterangan oleh wartawan tangerang raya, Selasa(16/11/21).

“Saya belum bisa kasih komentar, besok saya hubungi kabidnya biar tau kepastiannya. Kalau sesuai SOP nya ya pihak Pemerintah Kota memberikan tembusan ke Provinsi. Besok saya infokan kembali kepastiannya, saya akan koordinasi  dulu ke kabid”, ujar Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Banten.

Sementara itu pihak Indogrosir Cikokol belum dapat dimintai keterangannya dan belum bisa ditemui.(fj)