Jokowi Lantik Anggota KPU-Bawaslu 12 April

Jokowi Lantik Anggota KPU-Bawaslu 12 April
Presiden Joko Widodo / ISTIMEWA

JAKARTA | TR.CO.ID

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terpilih pada 12 April 2022 besok. Hal ini disampaikan Jokowi saat membuka rapat persiapan pemilu dan pilkada serentak tahun 2024, bersama jajarannya di Istana Kepresidenan Bogor.

"12 April nanti KPU dan Bawaslu periode 2022-2027 kita lantik dan segera mempersiapkan pemilu dan pilkada serentak di 2024," kata Jokowi, sperti dilansir Antara, Minggu (10/4/22).

Presiden Jokowi pun meminta agar setelah dilantik, anggota KPU dan Bawaslu benar-benar mempersiapkan pemilu dan pilkada serentak.

"Oleh sebab itu kita perlu berbicara dengan KPU dan Bawaslu mengenai persiapan-persiapan ini agar persiapan pemilu dan pilkada ini belum pernah punya pengalaman serentak ini bisa kita persiapkan dengan matang," tambah Presiden.

Pemilihan presiden, wakil presiden, anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi dan DPRD kabupaten/kota rencananya akan dilaksanakan pada 14 Februari 2022 sedangkan pilkada untuk memilih gubernur, wakil gubernur, bupati dan wakil bupati serta wali kota dan wakil wali kota dilaksanakan pada 27 November 2024.

"Agar segera dikejar payung hukum regulasi yang dibutuhkan untuk pemilu dan pilkada serentak 2024. Ini agar saya minta Pak Menkopolhukam komunikasi intens dengan DPR dan KPU sehingga perencanaan programnya bisa didetailkan lebih detail lagi," terang Presiden.

Tujuannya adalah agar regulasi yang disusun tidak multitafsir dan malah akan menimbulkan perselisihan di lapangan.

Komisi II DPR telah menetapkan tujuh nama anggota KPU dan lima nama anggota Bawaslu terpilih pada 17 Februari 2022 setelah melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap 14 calon.

Penetapan 12 nama dilakukan setelah Komisi II DPR melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap 14 calon komisioner KPU dan 10 calon anggota Bawaslu sejak 14 Februari 2022.

Selain menetapkan anggota KPU dan Bawaslu terpilih, Komisi II juga menetapkan calon lainnya yang tidak terpilih sebagai cadangan.

Rapat terbatas tersebut dihadiri oleh antara lain Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Selanjutnya Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, dan Kepala BIN Budi Gunawan. (fj/ant/dam)