Kinerja Kepala Sekolah Dinilai

Kinerja Kepala Sekolah Dinilai

SERANG | TR.CO.ID

Untuk memperoleh data tentang pelaksanaan tugas pokok dan fungsi serta tanggung jawab kepala sekolah dalam melaksanakan fungsi manajerial dan supervisi pada sekolah yang dipimpinnya, Pengawas Pembina sekolah dasar melaksanakan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah tahun 2020. Kali ini, tim penilai melakukan penilaian di SDN Kayu Areng, kecamatan Cikande, kabupaten Serang.

Pengawas Pembina sekolah dasar di lingkup Dinas Pendidikan dan kebudayaan kecamatan Cikande, H. Ngaja didampingi H. Sugino mengatakan, Penilaian kinerja kepala sekolah (PKKS) yang dilaksanakan oleh Pengawas sekolah dasar bertujuan untuk memperoleh data hasil pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pemimpin di sekolah. PKKS dapat menentukan kualitas kerja kepala sekolah sebagai dasar dalam promosi dan penghargaan yang diberikan kepadanya.

“PKKS dapat menentukan program peningkatan kemampuan profesional kepala sekolah dalam kontek peningkatan mutu pendidikan pada sekolah yang dipimpinnya. Juga menetukan program umpan balik bagi peningkatan dan pengembangan diri serta karyanya dalam konteks pengembangan karir dan profesinya,” kata Ngaja, Kepada Harian Tangerang Raya, Minggu (6/12)

Hasil penilaian kinerja lanjut Ngaja akan bermanfaat bagi kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan kabupaten Serang dalam menentukan promosi, penghargaan, mutasi dan pembinaan lebih lanjut. Sedangkan bagi pengawas sekolah sendiri hasil penilaian kenerja kepala sekolah dapat dijadikan dasar dalam menyusun program pengawasan khususnya dalam membina profesional kepala sekolah.

Sementara itu, Kepala UPT SDN Kayu Areng, Sukur menyampaikan apresiasi kepada tim pengawas sekolah dasar kecamatan Cikande yang telah melaksanakan tugas melakukan penilaian kinerja kepala sekolah di SDN Kayu Areng. Ucapan terima kasih kepada para guru yang telah membantu dan bekerja sama dalam menyiapkan seluruh perangkat administrasi sekolah yang dibutuhkan dalam kegiatan ini. 

“Terima kasih kepada para pengawas sekolah dasar yang telah melakukan penilaian di sekolah kami. Ucapan terima kasih juga kepada para guru yang telah bekerja sama sehingga penyelenggaraan PPKS di SDN kayu Areng dapat berlangsung dengan baik dan sukses,” terang Sukur. (mur/dam)