KNPI Lebak Siapkan Program Beasiswa Kuliah Gratis bagi Warga Kurang Mampu

KNPI Lebak Siapkan Program Beasiswa Kuliah Gratis bagi Warga Kurang Mampu
Ketua DPD KNPI Lebak, M Jafar Toha

LEBAK | TR.CO.ID

Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Lebak menyiapkan program beasiswa kuliah gratis di Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik atau STISIP Setia Budhi Rangkasbitung, bagi warga kurang mampu. Organisasi kepemudaan tersebut menyiapkan kuota untuk 15 orang untuk mendapatkan program kuliah gratis.

Ketua DPD KNPI Kabupaten Lebak, M Jafar Toha mengatakan, beasiswa ini merupakan bentuk kerjasama antara KNPI dengan STISIP Setia Budhi Rangkasbitung. Kemudian kata dia, bagi warga yang ingin mendaftar untuk mendapatkan beasiswa akan dilakukan seleksi terlebih dahulu, sehingga warga  bisa mendatangi Sekretariat DPD KNPI Lebak di Jalan RT Hardiwinangun, Balong Ranca Lentah, Kelurahan Rangkasbitung Barat, Kecamatan Rangkasbitung untuk mengikuti seleksi.

"Kita siapkan kuota untuk 15 orang putera dan puteri asli Kabupaten Lebak. Pendaftaran dibuka mulai 15 sampai 21 Mei 2022," kata Ketua DPD KNPI Lebak, M Jafar Toha, kepada awak media, Senin (16/05/22).

Lebih lanjut Jafar menjelaskan, program beasiswa gratis ini juga disiapkan sebagai upaya mencerdaskan dan melahirkan generasi muda yang berkompeten. Untuk itu, guna melakukan penyaringan pada tahap seleksi, pihaknya akan menyiapkan tim seleksi yang indevenden.

Sehingga, lanjut M Japar, hasil seleksinya benar benar murni dan menghasilkan peserta yang berkualitas, kemudian, peserta yang lolos berhak mendapatan program kuliah gratis sampai wisuda.

“Ini bagian upaya kita untuk mencerdaskan anak bangsa. Peserta kuliah gratis ini tidak akan sembarangan, karena kita akan lakukan seleksi terlebih dahulu, biar programnya tidak sia sia,” ujar Jafar. 

Sementara itu, Rafiyudi, seorang warga Rangkasbitung mengapresiasi program kuliah gratis dari KNPI Lebak. Bahkan ia akan mendaftarkan adiknya untuk mengikuti seleksi, maklum saja kata dia, adiknya baru lulus sekolah menengah atas tahun lalu. Namun, karena terbentur biaya, adiknya itu tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan.

“Saya akan mendaftarkan adik saya. Ia ingin sekali melanjutkan pendidikan setelah lulus SMA. Tapi, karena terbentur masalah ekonomi, maka keinginannya untuk kuliah terpaksa diurungkan. Nah, karena ada program kuliah gratis dari KNPI Lebak, maka ia berminat untuk ikut seleksi, siapa tahu berhasil,” kata Rafiyudi. (jat/dam)