Korban Pergerakan Tanah Dapat DTH

Korban Pergerakan Tanah Dapat DTH
Nampak jalan Desa Cilangkap yang rusak sudah dinormalisasi oleh Pemkab Lebak

Lebak | TR.CO.ID

Korban pergerakan tanah di Kampung Kebon Kelapa, Desa Cilangkap, Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak mendapatkan bantuan dana tunggu hunian (DTH) masing masing sebesar Rp3 juta. Dana tersebut digunakan warga terdampak diberikan kepada 6 warga yang terdampak bencana untuk menyewa rumah selama 6 bulan masa pemulihan pasca bencana.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak, Febby Rizky Pratama mengatakan, warga terdampak bencana pergerakan tanah di Kecamatan Kalanganyar sudah mendapatkan dana tunggu harian, sekitar Rp 3 juta per orang serta dana itu langsung diterima warga melalui rekening masing-masing.

“Sudah kita berikan kemarin, bantuan itu untuk menyewa rumah kontrakan selama 6 Bulan. Uang tersebut langsung diterima oleh warga, soalnya dikirim melalui rekening penerima langsung,” kata Febby Rizky Pratama kepada awak media, Selasa (21/06/2022).

Pemerintah daerah, lanjut Febby selalu bergerak cepat melakukan penanganan kedaruratan jika terjadi bencana diberbagai wilayah, termasuk juga di Kecamatan Kalang Anyar. Pasalnya, begitu terjadi bencana, Pemkab langsung melakukan penanganan, seperti mengevakuasi warga ketempat yang lebih aman, menginventaris jumlah kerusakan, memberikan bantuan makanan.

Bahkan, selain itu, lanjutnya lagi, saat ini jalan desa di Cilangkap, sudah bisa dilalui oleh kendaraan roda dua dan roda empat dengan kapasitas kecil. Karena, PUPR Lebak sudah melakukan normalisasi jalan desa dengan cara menutup longsoran dengan pasir, tanah dan batu kerikil serta melakukan penurapan tebing.

“Jalan desa pun sudah bisa dilalui kendaraan. Meski begitu, kami meminta agar aparat desa mengawasi lalu lintas di sana, agar sementara waktu kendaraan roda empat dengan kapasitas berat jangan dulu diperbolehkan melintasi jalan itu,” ujar Febby

Sementara, Asisten Daerah (Asda) ll bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Lebak, Ajis Suhendi membenarkan, jika warga terdampak bencana tanah bergerak di Kecamatan Kalanganyar sudah mendapatkan bantuan dana tunggu hunian.

“Iya sudah kemarin, langsung dikirim ke rekening penerima,” kata Ajis.

Terpisah, Camat Kalang Anyar, Cece Saputra menjelaskan, kondisi terkini di lokasi bencana. Saat ini, kata dia, jalan desa sudah bisa dilalui kendaraan. Namun, sesuai arahan dari BPBD dan PUPR, jalan itu jangan dulu dilalui kendaraan roda empat dengan kapasitas besar. (jat/dam)