Langkah Nyata PT IKPP Tangerang Tumbuhkan Ekonomi Rakyat, Gerai Bina Lestari Jadi Unggulan

Kamis, 13 Juni 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TANGERANG | TR.CO.ID

Grand Opening Gerai UMKM Bina Indah Lestari menyajikan ragam produk di bawah binaan dan kreasi PT Indah Kiat Tangerang melalui program CSR. Gerai ini menjadi kebanggan warga binaan dengan keunggulan produk mereka, Rabu (12/6/2024).

Gerai dengan ukuran cukup luas, persis di depan Jalan Raya Serpong Tangerang KM 8, Kelurahan Pakulonan, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangsel mampu menampung berbagai macam produk makanan kering, termasuk ragam minuman hingga olahan sabun cair dan sayur mayur.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Turut hadir Walikota Tangsel Pilar Saga Ichsan, Sekcam Serpong Utara, beserta para lurah se Kecamatan Serpong Utara, Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM, Maya, Ketua Koperasi UMKM Bina Indah Lestari Haidir, CSO APP Group Elim Sritaba, CSR APP Group Shoghil A Thaselan serta manajemen IKPP Tangerang Mill, Kholisul Fatikhin.

CSO APP Group Elim Sritaba saat pembukaan menyampaikan PT Indah Kiat dari masa ke masa terus berkembang. Kawasan yang semula hutan, kini seiring berjalannya waktu berubah menjadi kawasan urban di tengah-tengah masyarakat perkotaan dengan kompleksitas sosial budaya dan ekonomi.

“Oleh sebab itu kami ingin berkembang dengan masyarakat sekitar. Itulah mengapa program CSR mengembangkan Kelompok Wanita Tani, bertujuan ingin maju bersama antara perusahaan dengan masyarakat,” ucapnya.

Dari program CSR, kemudian lahir lah Koperasi Indah Bina Lestari yang diawali dengan pembinaan masyarakat dengan melatih bagaimana mereka bisa melahirkan produk. Al hasil belakangan ini cukup menonjol, bahkan penghasilan Kelompok Wanita Tani per bulan berkisar Rp 7 hingga 10 juta perbulan.

Baca Juga:  Bank Banten: Penurunan Harga Saham Tak Pengaruhi Bisnis dan Layanan

“Maka target kedepan impek terhadap kesejahteraan dan kesetaraan gender terus berkelanjutan. Dengan mendorong pertumbuhan ekonomi supaya tidak ada lagi ada orang kelaparan di seputaran Indah Kiat,” tegasnya.

Tentu dalam menjalankan bisnis ada naik dan turun. Itu proses yang alamiah dan perlu dilalui. Tujuannya untuk melatih bahwa menjadi pelaku usaha harus bisa menghitung peluang. Termasuk tak lagi hanya mengandalkan penghasilan suami. Tapi perempuan juga mampu membantu dalam mencukupi ekonomi keluarga tanpa meninggalkan peran sebagai ibu rumah tangga.

“Dalam menjalankan suatu bisnis ada naik dan turun, tapi itu menjadi tantangan. Sebagai perempuan harus berkarya meski suami bekerja tapi perempuan juga bisa membantu ekonomi keluarga,” harapnya bahkan dari 12 Kelompok Wanita Tani yang sudah berjalan bisa menularkan kesuksesannya ke yang lain.

Sementara itu, Wakil Walikota Tangsel Pilar Saga Ichsan menyampaikan tidak banyak perusahaan memberikan CSR bidang UMKM. Hanya segelintir perusahaan, salah satunya Indah Kiat. Maka bukan hanya warga sekitar yang berkeinginan memanfaatkan kesempatan ini, tapi Pemkot Tangsel pun semestinya harus lebih semangat dalam mengelaborasi untuk kemajuan bersama.

“PT Indah Kiat tidak akan berjalan sendiri tapi harus berdampingan dengan masyarakat. Jika tidak ada fasilitas seperti ini kita sulit mendorong UMKM lebih maju. Targetnya menang pelaku usaha mikro menjadi kecil, kecil menjadi menengah, menengah hingga besar. Itulah mengapa perlu meningkatkan kapasitas dengan mengikuti berbagai pelatihan yang dilakukan oleh Dinas Koperasi dan UMKM,” tambah ia.

Baca Juga:  Masyarakat Puas dengan Kinerja Polda Banten

Yang pasti, dengan adanya gerai ini UMKM lebih percaya diri, pertama sudah memiliki tempat strategis, kedua lokasinya bersih, mudah dijangkau dan produknya sudah memiliki label halal dan kualitas kemasanya juga bagus.

“Jadi siapa tahu ada tamu dari luar bisa menggunakan produk ini. Makanya era saat ini tidak lagi masing-masing berjalan sendiri sendiri, tapi harus berkolaborasi supaya bisa berkembang lebih besar,” tambah Pilar.

Sesuai pemotongan pita dan tumpeng tanda peresmian, Pilar di dampingi jajaran manajemen Indah Kiat melihat seluruh produk yang dipasarkan, sedikitnya ada
20 jenis mulai dari kripik pisang lumer, kembang goyang, keripik tempe, keripik bayam, keripik kentang, cuanki mie, sambel hingga produk olahan menjadi sabun cair dan padat ada juga ragam sayur sayuran yang dihasilkan Kelompok Wanita Tani. Harganya juga sangat terjangkau.

Bahkan Pilar sempat mencicipi minuman es kelapa muda asli dengan kemasan gelas cup. Menurut Pilar rasanya segar, manisnya orisinol bukan pakai gula biang. Produk semacam ini memberikan nilai kesehatan yang baik bagi tubuh, disamping juga meningkatkan perputaran ekonomi masyarakat.(wil/TR)

Berita Terkait

Jelajahi Sensasi Kuliner Nusantara di Hotel Santika Premiere Bintaro!
Pj Walikota Sidak Pasar Induk Jatiuwung, Cek Harga dan Pasokan Pangan
Petani Serahkan Lahan Untuk Puspem Cilangkahan
Pj Walikota Dukung Transformasi Ekonomi
Proyek Tol Baru Diharapkan Tingkatkan Ekonomi dan Investasi
Indah Kiat Tangerang Sebar Seribu Paket Sembako, Harga Kebutuhan Pokok Meningkat
Revitalisasi Pasar Kutabumi Dimulai, Mewujudkan Pasar Modern dengan Kearifan Lokal
Capaian Investasi Sebesar Rp 4,72 Triliun
Berita ini 11 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 15 Juli 2024 - 16:21 WIB

Jelajahi Sensasi Kuliner Nusantara di Hotel Santika Premiere Bintaro!

Senin, 15 Juli 2024 - 10:51 WIB

Pj Walikota Sidak Pasar Induk Jatiuwung, Cek Harga dan Pasokan Pangan

Senin, 15 Juli 2024 - 10:12 WIB

Petani Serahkan Lahan Untuk Puspem Cilangkahan

Jumat, 12 Juli 2024 - 11:38 WIB

Pj Walikota Dukung Transformasi Ekonomi

Jumat, 12 Juli 2024 - 11:34 WIB

Proyek Tol Baru Diharapkan Tingkatkan Ekonomi dan Investasi

Berita Terbaru

Selebritis

Nagita Slavina Pelihara Banyak Kucing

Senin, 15 Jul 2024 - 12:27 WIB

Daerah

Bocah Tenggelam di Kali Pondok Jaya Ditemukan

Senin, 15 Jul 2024 - 12:25 WIB

Daerah

Kejari dan RSUD Pakuhaji Operasi Mata Katarak Gratis

Senin, 15 Jul 2024 - 12:23 WIB

Hukum & Kriminal

Bandar Judi Online Tiga Bulan Raup 200 Miliar

Senin, 15 Jul 2024 - 11:31 WIB