Mahasiswa Pasca Sarjana Untirta Latih Pemuda Jadi Barista

Mahasiswa Pasca Sarjana Untirta Latih Pemuda Jadi Barista

SERANG | TR.CO.ID

Mahasiswa pasca sarjana ilmu komunikasi Universitas Sultan Ageng Tirtyasa (Untirta) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) melatih sekira 30 pemuda usia 18-25 Tahun menjadi barista.

Kegiatan pelatihan wirausaha yang juga mendapat bantuan dari Direktorat Khusus dan Pelatihan Vokasi Kemendikbud ini, bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya pemuda melalui kecakapan berwirausaha.

“Output dari kegiatan adalah menumbuhkan UMKM di bidang barista khususnya di Kota Serang. Pelatihan ini dilakukan selama tiga bulan. Peserta diberi pembekalan berupa teori-teori dan praktek dalam bidang barista. Kegiatan dilaksanakan bersama sanggar kegiatan belajar (SKB) Kota Serang,” ujar Sunjaya mahasiswa Pasca Sarjana Ilmu Komunikasi Untirta, usai kegiatan di Kopi Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Serang, Selasa (15/6/22)..

Dikatakan Sunjaya, dalam mendukung kegiatan ini SKB melakukan kerja sama dengan pelaku UMKM khususnya di bidang barista sebagai tempat praktik para peserta.

“Sebagai bentuk pengandian kepada masyarakat, kita ingin memaksimalkan potensi peserta dalam mengembangkan bisnisnya. Makanya kita juga sampaikan materi seputar teori mengenai komunikasi bisnis,” kata Sunjaya didampingi tiga mahasiswa lain yakni Lista Fauziah dan Hanifah Fajriani dan Dera Alfiani.

Kegiatan ini dihadiri oleh ketua prodi Magister Ilmu Komunikasi Untirta Rd Nia Kania Kurniawati, Kepala SKB Dedeh Sumiati.

“Kegiatan yang dilakukan SKB sangat bermanfaat untuk pertumbuhan UMKM Kota Serang, harapan ke depan kami selaku civitas akademik bisa berkontribusi untuk menciptakan pengusaha muda milenial,” ujar Ketua Prodi Magister Ilmu Komunikasi Untirta, Rd Nia Kania.

Kepala SKB Kota Serang, Dedeh Sumiati menyambut baik kedatangan mahasiswa dan dosen Untirta.

“Terimakasih kepada Untirta yang telah ikut berkontribusi dalam kegiatan kami, kami berharap terjalin kerja sama antara SKB dan juga pihak Untirta dalam setiap kegiatan yang SKB lakukan,” ujarnya.

Para peserta yang mengikuti pelatihan ini pun merasa terbantu karena mereka akan diberi mesin barista untuk membuka usaha baru mereka oleh SKB Kota Serang.

“Setelah mengikuti kegiatan ini hampir tiga bulan skrg saya jadi punya pengetahuan untuk buka usaha sendiri, teman saya juga jado bertambah. Awalnya memang saya memiliki keterkaitan dengan kopi dan sekarang 100 persen setelah mengikuti kegiatan ini saya akan buka usaha barista,” ucap Adam, salah satu peserta. (hed/dam)