Mengubur Dilahan Pribadi 40 Makam Dipindahkan

Mengubur Dilahan Pribadi 40 Makam Dipindahkan

TANGERANG | TR.CO.ID

Sebanyak 40 makam terpaksa harus di pindahkan ke tempat pemakaman yang sudah di sediakan oleh pemerintah Desa Bojong Renged, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, pasalnya makam tersebut berada di tanah milik pribadi alias perorangan.

Kepala Desa Bojong Renged Suhendra membenarkan, bahwa ada sebanyak 40 makam warganya yang di pindahkan karena berdiri di atas tanah milik perorangan dan pemilik melakukan komplain sekitar tahun 2021 ke pemerintah desa.

“Pemilik lahan memberikan dua opsi, yang pertama pemilik lahan meminta bayar lahan tersebut secara keseluruhan satu bidang ada sekitar 1000 lebih, terus yang kedua makam harus dipindahkan,” ungkap Kades Suhendra kepada Wartawan, Rabu (8/6/22).

Menurut Suhendra, makam-makam tersebut tentunya dipindahkan ke tempat pemakaman umum milik pemerintah Desa Bojong Renged, karena memang saat ini pemakaman umum pintu kapuk itu sudah penuh.

“Karena sudah penuh tukang gali makam tidak tau kalau tanah yang di pakai buat pemakaman itu adalah tanah perorangan padahal sebelumnya saya pernah menginformasikan kepada warga kalau ada yang meninggal di arahkan ke pemakaman rawa kandang,” bebernya.

Kalau makam-makam yang di pindahkan itu, sambung Suhendra, makam baru sekitaran tahun 2021, saat masa pandemi Covid-19, banyak warganya yang meninggal dunia bahkan dalam sehari ada 5 sampai 6 Orang meninggal.

“Kami juga sebagai pemerintah desa sudah melakukan musyawarah dengan para keluarga almarhum untuk mencari solusi kalau memang harus di beli akan kita beli jika ada keuangannya, akan tetapi kalau pun tidak solusi terakhirnya adalah dipindahkan,” tukasnya.

Sayangnya hingga berita dilansir pemilih lahan belum dapat dikonfirmasi. (ril/dam)